Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental Jadi Satu Lagi Alasan untuk Bermasker

Senin, 11 Januari 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental Jadi Satu Lagi Alasan untuk Bermasker Ilustrasi Menggunakan Masker. ©Freepik

Merdeka.com - Pandemi COVID-19 yang terjadi telah mengubah kebiasaan hidup bagi banyak orang. Salah satu hal yang kini jadi wajib dilakukan adalah menggunakan masker.

Penggunaan masker ini bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyebaran infeksi COVID-19. Namun sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa penggunaan masker ini juga bisa berdampak positif pada kesehatan mental seseorang.

Dilansir dari The Health Site, peneliti dari University of Edinburgh telah menemukan hubungan antara penggunaan masker secara konsisten dengan kondisi mental yang positif. Hal ini bahkan terjadi ketika seseorang menggunakan masker bukan karena pandemi.

Hasil temuan ini didapat berdasar penelitian terhadap 11.000 partisipan di seluruh Inggris pada April hingga Juni 2020. Temuan ini sekaligus membantah anggapan bahwa menggunakan masker bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan bahkan memiliki dampak sebaliknya.

Secara rinci, diketahui bahwa selalu menggunakan masker bisa menurunkan kecemasan hingga 58 persen. Risiko gejala depresi juga diketahui menurun hingga 25 persen.

Rasa kesepian yang dialami oleh seseorang menurun hingga 67 persen ketika mereka menggunakan masker secara konsisten. Secara umum, hal ini menandakan bahwa penggunaan masker bisa menurunkan kecemasan dan kesepian serta meningkatkan kepuasan hidup dan kesehatan mental seseorang.

Baca Selanjutnya: Temuan Sebelumnya Mengenai Dampak Masker...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini