Bisa Menjadi Awal dari Diabetes, Waspada Jika Kamu Mengalami Obesitas

Jumat, 30 April 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bisa Menjadi Awal dari Diabetes, Waspada Jika Kamu Mengalami Obesitas Ilustrasi diabetes. ©Shutterstock.com/Piotr Adamowicz

Merdeka.com - Bagi pasien diabetes, diabetes bukan merupakan tanda adanya penyakit ini. Walau begitu, secara umum, obesitas bisa menjadi awal dari terjadinya diabetes.

Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Prof. DR. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD menjelaskan bahwa bila tidak ditangani dengan baik, obesitas akan menimbulkan prediabetes atau sindrom metabolik. Jika kondisi ini kembali dibiarkan, dapat menimbulkan penyakit diabetes tipe 2.

“Intervensi harus sudah dilakukan pada fase prediabetes bahkan obesitas. Ini adalah fase dimana jauh lebih gampang menangani dibandingkan mengobati pasien yang jatuh ke diabetes tipe 2, sudah rumit, cost-nya banyak, obatnya banyak,” ungkap Ketut beberapa waktu lalu.

Dalam pemaparannya, Ketut menyampaikan bahwa 1 dari 3 orang dewasa di Indonesia mengalami obesitas. Sementara itu, 1 dari 5 anak usia 5 sampai 12 tahun juga mengalami obesitas.

“Ini tantangannya besar sekali kalau kita bicara bahwa orang-orang obese ini adalah calon orang prediabetes dan calon orang diabetes kalau kita tidak mengintervensinya,” kata Ketut.

Menurutnya, salah satu intervensi obesitas yang bisa dilakukan adalah melaksanakan pola hidup yang sehat dengan mengatur makanan dan melakukan aktivitas fisik.

Baca Selanjutnya: Komplikasi Diabetes...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini