Bisa Bermasalah, Ketahui 3 Masalah yang Muncul dari Terlalu Banyak Minum Air Putih

Senin, 12 September 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bisa Bermasalah, Ketahui 3 Masalah yang Muncul dari Terlalu Banyak Minum Air Putih ilustrasi minum air putih. ©pexels-Daria Shevtsova

Merdeka.com - Air minum merupakan salah satu jenis cairan yang perlu dikonsumsi secara rutin setiap hari. Air memiliki peran yang sangat penting demi kelancaran kerja sistem tubuh kita.

Secara umum, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Walau begitu, jumlah ini bisa sangat berbeda-beda pada masing-masing individu.

Konsumsi air putih semakin banyak bukan berarti sebagai sebuah hal yang positif. Sama seperti kekuarangan air putih, meminumnya secara berlebih juga bisa menimbulkan berbagai permasalahan.

Sejumlah masalah kesehatan bisa muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi air putih ini. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah alasan mengapa kita tak boleh mengonsumsi air putih terlalu banyak.

2 dari 3 halaman

Dampak pada Ginjal dan Jantung

1. Menimbulkan Masalah pada Ginjal

Kebanyakan minum air putih dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil kamu. ketika kamu buang air kecil secara berlebihan, maka ginjal juga bakal bekerja lebih keras untuk menstabilkan sistem kamu.

Ketika kamu meminum air terlalu banyak, bisa jadi darah di tubuh kamu menjadi lebih encer. Selain itu, ginjal juga tak dapat menyaring sampah dengan baik untuk menjaga keseimbangan natrium. Efeknya adalah menyebabkan kelelahan, mual, dan sering buang air kecil.

2. Berbahaya pada Jantung

Mengonsumsi air putih terlalu banyak dapat meningkatkan volume darah melampaui tingkat seharusnya. Peningkatan volume darah secara teratur dapat memberikan tekanan yang bisa membahayakan jantung dan juga pembuluh darah.

ketika volume darah bertambah secara melimpah terdapat dua kemungkinan yang terjadi pada tubuhmu. Hal yang mungkin terjadi adalah kebocoran pembuluh darah atau penyumbatan pembuluh darah.

3 dari 3 halaman

Memunculkan Masalah Peredaran Darah

3. Mempengaruhi Sistem Peredaran Darah

Ketika kamu minum terlalu banyak air, hal ini dapat mengencerkan cairan di dalam tubuh. Tingkat natrium dalam tubuh bisa menjadi sangat rendah dan mengakibatkan sel-sel kamu membengkak.

Lebih lanjut, hal ini bahkan bisa membuat sel-sel otak kamu bengkak dan dapat menyebabkan hilangnya kesadaran dan kejang. Kasus terburuk yang dapat terjadi dari hal ini adalah kondisi koma.

Selain tak nyaman akibat harus terlalu sering ke kamar mandi, konsumsi air putih berlebih juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan tersebut. Pastikan kamu mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat untuk memperoleh manfaat sehat dari air putih ini. [RWP]

Baca juga:
Jangan Terlalu Keras, Ketahui Cara Tepat dan Aman dalam Menyikat Gigi
Lebih Baik Mana, Air Hangat atau Air Dingin untuk Kompres Demam?
Banyak Dipercaya, Benarkah Daging Kambing dan Kopi Bisa Jadi Penyebab Hipertensi?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini