Biasa Jemur Baju di Dalam Rumah? Sejumlah Masalah Kesehatan Ini Bisa Mengancam

Senin, 25 Februari 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Biasa Jemur Baju di Dalam Rumah? Sejumlah Masalah Kesehatan Ini Bisa Mengancam ilustrasi menjemur pakaian. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Kebingungan mencari tempat menjemur baju merupakan hal yang umum kita alami ketika musim hujan tiba. Menjemur baju di luar cukup membahayakan karena tingginya risiko baju tersebut bakal basah lagi karena kehujanan.

Karena pilihan menjemur baju di luar tidak mungkin dilakukan ketika sedang hujan, maka kita akhirnya terpaksa menjemur di dalam rumah. Namun ternyata kebiasaan yang satu ini juga bukannya tanpa masalah.

Dilansir dari The Asian Parent, menjemur baju di dalam rumah disebut dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh. Hal ini disebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu timbulnya penyakit asma.

Hal ini terjadi karena tindakan menjemur pakaian di dalam rumah mampu meningkatkan kadar kelembapan hingga 30 persen. Kondisi ini ideal bagi spora jamur untuk tubuh dan berkembang biak, termasuk Aspergillus fumigatus spora yang dapat menyebabkan infeksi paru-paru.

"Cucian yang basah mengandung hampir dua kilogram liter air yang dilepaskan ke dalam ruangan dalam bentuk uap. Jika sistem kekebalan tubuh Anda baik, maka hal ini tidak menjadi masalah. Namun ketika tubuh Anda sedang tidak fit, maka bakteri dari uap ini akan masuk ke dalam tubuh dan menghasilkan gangguan pernapasan yang mampu berujung asma karena kontaminasi spora Aspergillus fumigatus," jelas Professor David Denning, peneliti dari National Aspergillosis Centre di Manchester.

Aspergillosis adalah gangguan pernapasan yang disebabkan oleh spora bernama Aspergillus fumigatus. Biasanya ketika spora ini masuk ke dalam tubuh maka akan menimbulkan penyakit di tenggorokan, paru-paru, dan kemudian menyebar ke seluruh bagian tubuh. Jika semakin parah maka akan memunculkan penyakit sinus atau asma.

Hal lain yang juga patut kamu perhitungkan ketika mencuci baju di dalam rumah adalah bahwa baju tersebut bakal membutuhkan waktu cukup lama untuk kering. Selain itu ada kemungkinan juga munculnya bau apak karena baju tak kering sepenuhnya. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini