Bersyukurlah jika alami morning sickness saat hamil!

Senin, 4 Agustus 2014 17:29 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi Ibu Hamil. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Bagi ibu hamil, terutama yang bekerja dan memiliki banyak aktivitas, mengalami morning sick atau mual dan muntah di pagi hari tentunya adalah hal yang tak menyenangkan dan mengganggu. Namun, meski rasanya sangat buruk, morning sickness ternyata adalah hal yang harus disyukuri oleh wanita yang sedang hamil.

Sebuah penelitian mengamati morning sickness dan efeknya dalam berbagai aspek kehamilan. Hasilnya, diketahui bahwa wanita yang mengalami morning sickness, sering mual dan muntah di pagi hari selama hamil memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami keguguran. Penelitian tersebut menemukan bahwa wanita hamil yang mengalami morning sickness berisiko 55 - 80 persen lebih rendah mengalami keguguran dibandingkan wanita yang tidak alami morning sickness saat hamil.

Selain itu, wanita yang mengalami morning sickness saat hamil juga berkemungkinan lebih besar untuk melahirkan bayi yang lebih sehat dibandingkan dengan wanita yang tak pernah merasakan dan mengatasi morning sickness selama kehamilan. Menurut Gideon Koren, ketua peneliti dario Motherisk Program di Toronto, bayi yang dilahirkan oleh ibu yang mengalami morning sickness juga berisiko lebih kecil mengalami kelainan pada organ tubuhnya, seperti pada tempurung kepala dan sistem kardiovaskular, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (01/08).

Peneliti juga menemukan adanya kaitan antara morning sickness yang dialami oleh ibu hamil dengan risiko kelahiran prematur yang lebih rendah. Ibu yang mengalami morning sickness parah juga berkemungkinan memiliki anak yang lebih cerdas ketika mereka tumbuh besar. Anak-anak tersebut memiliki nilai yang lebih baik dalam tes IQ dan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam kemampuan berhitung dan verbal.

Meski begitu, bukan berarti wanita yang tidak mengalami morning sickness saat hamil harus waspada dan khawatir. Beberapa wanita memang tidak mengalami morning sickness, dan beberapa mengalaminya. Hal ini tak menunjukkan adanya kelainan pada kehamilan Anda jika tak mengalami morning sickness. Peneliti menjelaskan bahwa morning sickness dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh dan hal ini bisa berbeda-beda pada satu wanita dan lainnya.

Jadi, jika Anda merasa mulai sebal dengan morning sickness yang menyerang setiap hari, ingatlah sisi baik di baliknya. Bahwa morning sickness adalah tanda dari kehamilan yang sehat. Begitu juga jika Anda tak mengalaminya, jangan teburu-buru khawatir karena ini tidak menandakan hal yang salah dalam kehamilan Anda. Syukuri juga kemudahan yang Anda dapatkan selama hamil karena tidak mengalami morning sickness. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini