Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Begini Cara yang Aman

Rabu, 6 Maret 2019 08:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Begini Cara yang Aman Ilustrasi cotton bud. mirror.co.uk

Merdeka.com - Selama ini, demi alasan kesehatan banyak yang melarang penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga. Hal tersebut disebut berbahaya dan justru dapat merusak telinga.

Namun, Dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan, bedah kepala, leher Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya, Hably Warganegara, memperbolehkan kita membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud. Hanya saja ada hal yang harus diperhatikan.

Pada dasarnya, kotoran telinga kita bisa keluar dengan sendirinya. Hal itu disebabkan dari aktivitas mengunyah dan menelan yang kita lakukan setiap hari.

"Kita punya yang namanya self mechanism," ujarnya.

Ketika keluar, kotoran berada di sepertiga telinga bagian luar. Harus hati-hati dalam membersihkannya, jika tidak serumen akan masuk lagi ke dalam telinga.

"Karena kotoran berada di bagian luar telinga, membersihkannya cukup pada area tersebut saja. Jangan sampai masuk. Apalagi sampai batang cutton bud tidak kelihatan," Hably mengingatkan.

Menurut Hably, kulit daun telinga kita sangat tipis. Bila berlebihan dalam membersihkannya, membuat kulit mudah terkelupas.

"Kebiasaan kita setiap habis mandi pasti korek kuping. Enggak perlu juga seperti itu," katanya.

Dan kebiasaan lainnya, membersihkan kotoran telinga sampai batang cutton bud tidak terlihat atau masuk ke dalam.

"Karena yang sering terjadinya seperti ini, banyak dokter yang akhirnya bilang penggunaan cutton bud berbahaya. Padahal, sebenarnya tidak, asal tahu caranya," katanya.

Reporter: Aditya Eka Prawira
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini