Berpuasa Diketahui Bisa Memberikan Manfaat pada Kesehatan Kulit Seseorang

Kamis, 12 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berpuasa Diketahui Bisa Memberikan Manfaat pada Kesehatan Kulit Seseorang Ilustrasi kulit cantik. © Skinmatters.com.ph

Merdeka.com - Puasa bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan pada seseorang. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa puasa bisa memberi sejumlah manfaat seperti pada pencernaan seseorang.

Manfaat yang mungkin diperoleh oleh berpuasa ini ternyata tak hanya terbatas pada pencernaan saja. Diketahui bahwa berpuasa juga bisa memberi manfaat pada kulit seseorang.

Sebuah penelitian terbaru oleh University of Graz di Austria mencoba melihat manfaat luar biasa yang bisa diperoleh dari intermittent fasting terhadap kesehatan secara keseluruhan. Secara lebih khusus, penelitian ini coba melihat dampak puasa tersebut terhadap bagian kulit seseorang.

Peradangan bisa menyebabkan munculnya eksim dan jerawat yang bisa dikurangi dengan cara melawan bakteri buruk di usus. Dilansir dari The Telegraph, Dr. David Jack dari London mengungkap bahwa dengan membatasi tingkat gula darah dan sensitivitas insulin, kerusakan kolagen pada kulit dan protein elastin yang menyokong lapisan kulit, bisa dicegah.

1 dari 3 halaman

Pola Makan Pengaruhi Kesehatan Kulit

Jack menyarankan bahwa untuk mendapat kondisi kulit yang sehat, perlu diperiksa pola makan mereka saat tidak berpuasa. Menurutnya, makanan anti peradangan dan antioksidan dibutuhkan untuk menjaga penampilan kulit yang sehat.

Jack juga mengungkap bahwa terdapat makanan jenis tertentu yang lebih tepat untuk menjaga kesehatan kulit. Dia mengungkap bahwa konsumsi makanan berbahan tumbuhan merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit.

2 dari 3 halaman

Berpuasa Turunkan Risiko Penuaan dan Kerutan

Berpuasa diketahui bisa meningkatkan produksi kandungan antioksidan yang diketahui bisa menurunkan penuaan dan kerutan. Walau sayuran bermanfaat, namun peneliti juga mengungkap bahwa seluruh nutrisi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Felice Gersh, MD, pendiri The Integrative Medical Group of Irvine di California, mengungkap bahwa penyebab jerawat adalah peradangan di tubuh. Solusi untuk masalah ini adalah meningkatkan kesehatan usus dan mengembalikan keseimbangan mikrobioma yang bisa bermanfaat membuat kulit menjadi cerah.

3 dari 3 halaman

Puasa Bisa Mengatasi Jerawat

Pria dan wanita yang memiliki jerawat cenderung mengalami depresi setelah berusaha melakukan sejumlah perawatan. Namun dia mengatakan bahwa mereka seharusnya mencoba untuk mulai berpuasa.

Dia mengatakan bahwa telah mencoba sendiri untuk berpuasa dan menyaksikan perubahan yang terjadi pada kulit. Manfaat kulit yang lebih bersih ini menambah satu lagi manfaat yang bisa diperoleh dari berpuasa. [RWP]

Baca juga:
Miliki Jerawat Bisa Buat Seseorang Mengalami Depresi
Sejumlah Hal yang penting Diketahui Orangtua Mengenai Dermatitis Atopik pada Anak

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini