Berolahraga Secara Rutin Bisa Buat Kamu Sesenang Seperti Miliuner

Selasa, 9 April 2019 08:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berolahraga Secara Rutin Bisa Buat Kamu Sesenang Seperti Miliuner Ilustrasi olahraga. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Hidup bergelimang harta memang bisa membuat hidup kita terasa lebih menyenangkan. Namun ternyata terdapat cara mudah untuk mendapat kebahagiaan yang setara menjadi kaya raya ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Yale dan Oxford menyebut bahwa melakukan aktivitas fisik bisa membuat kita lebih bahagia dibanding menjadi milyuner. Dilansir dari CNA, hasil penelitian ini dipublikasikan pada jurnal kesehatan The Lancet.

Temuan ini berdasarkan riset yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari perilaku fisik dan mental sebanyak lebih dari 1,2 juta orang Amerika Serikat. Partisipan pada penelitian tersebut diminta menjawab pertanyaan seperti,: "berapa kali kamu merasa tak baik-baik saja secara mental selama 30 hari terakhir, contohnya karena stres, depresi, atau masalah emosi?". Selain itu partisipan juga ditanya mengenai pendapatan dan aktivitas yang mereka miliki.

Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga secara teratur cenderung merasa tidak senang selama 35 hari setahun. Sedangkan orang-orang yang tak berolahraga, mereka cenderung merasa tidak senang lebih banyak 18 hari secara rata-rata.

Namun terlalu banyak olahraga juga dapat menimbulkan efek yang berlawanan. Penelitian mengungkap bahwa aktivitas fisik hanya berkontribusi terhadap kesehatan mental jika hanya dalam jangka waktu tertentu.

Berdasar penelitian, tiga hingga lima sesi latihan selama 30 hingga 60 menit seminggu merupakan jangka waktu yang optimal terhadap kebahagiaan optimal. Selain itu, sesuai penelitian juga diketahui bahwa ketika olahraga melibatkan sosialisasi seperti olahraga tim, terdapat lebih banyak efek positif pada kesehatan mental.

Kesehatan mental dari partisipan yang berolahraga lebih lama dari tiga jam per hari justru jadi lebih buruk. Hal ini diketahui ketika dibandingkan dengan orang-orang yang tak aktif secara fisik. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini