Bermasalah di Masa Kecil Lebih Rentan Buat Seseorang Alami Penyakit Kardiovaskular

Jumat, 8 Mei 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bermasalah di Masa Kecil Lebih Rentan Buat Seseorang Alami Penyakit Kardiovaskular Ilustrasi anak stres. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Patrick Foto

Merdeka.com - Peluang seseorang mengalami penyakit jantung bisa diprediksi sejak jauh-jauh hari. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa hal ini ternyata bisa diprediksi sejak usia anak-anak.

Dilansir dari Science Daily, anak-anak yang mengalami trauma, kekerasan, ditinggalkan, atau disfungsi keluarga lebih rentan mengalami penyakit jantung pada usia 50-an dan 60-an. Hal ini terutngkap dari penelitian terbaru yang dilakukan di Northwestern Medicine.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang banyak mengalami masalah keluarga saat anak-anak cenderung 50 persen lebih rentan mengalami penyakit kardiovaskular seperti jantung atau stroke. Hal ini diketahui setelah dilakukan penelitian selama 30 tahun.

Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 3.600 partisipan. Hasil temuan ini merupakan yang pertama membahas penyakit kardiovaskular serta kematian berdasar kondisi keluarga dari masa dewasa awal hingga paruh baya akhir.

Baca Selanjutnya: Anak-anak yang mengalami jenis masalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini