Bermain dengan Anak Bisa Jadi Cara Memahami Tumbuh Kembangnya

Kamis, 22 Oktober 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bermain dengan Anak Bisa Jadi Cara Memahami Tumbuh Kembangnya Ilustrasi Anak Membaca Bersama Orangtua. ©Today.com

Merdeka.com - Tumbuh kembang anak merupakan sebuah hal penting yang harus dipahami oleh orangtua. Masa-masa orangtua banyak berada di rumah seperti sekarang seharusnya bisa menjadi masa penting untuk menemani anak bermain dan belajar sehingga orangtua bisa lebih mengawasi tumbuh kembang buah hati mereka.

"Kalau di rumah, kita sebagai orangtua ya kasih kesempatan untuk memahami betul perkembangan anak. Misalnya, anak saya usia sekian, apa saja sih yang sedang berkembang. Apakah mereka mulai senang coret-coret atau banyak bertanya," ujar psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

"Dengan menemani anak main dan belajar, selain memahami sejauh mana tumbuh kembang anak. Cara ini memberikan stimulasi yang tepat," sambungnya

Orangtua bisa juga membuat rencana pembelajaran menyenangkan untuk anak di rumah. Selanjutnya, jalankan rancangan tersebut dengan konsisten main dan belajar.

"Orangtua bisa bikin rancangan pembelajaran di rumah. Lalu tetap konsisten mendampingi anak-anak ini dalam tumbuh kembangnya," lanjut Vera.

Baca Selanjutnya: Mengembangkan Pancaindera...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini