Berkumur setelah makan, cara sederhana cegah karang gigi

Selasa, 20 September 2016 14:20 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Berkumur setelah makan, cara sederhana cegah karang gigi Ilustrasi berkumur. Ilustrasi berkumur

Merdeka.com - Tanpa disadari, gigi terkadang menjadi bagian tubuh yang paling sering diremehkan. Sebagian besar dari kamu pasti tidak memiliki kebiasaan untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali atau bahkan rutin menggosok gigi sebelum tidur. Namun, saat penampilan gigi menjadi buruk yang ditandai dengan munculnya lubang atau karang gigi, kamu baru kebingungan.

Agar keindahan gigimu tidak dirusak dengan karang gigi yang muncul, ada cara sederhana yang bisa kamu coba lho. Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, cara tersebut adalah dengan rutin berkumur setelah makan.

"Baik setelah makan atau minum apapun, sangat disarankan bagi kamu untuk selalu berkumur. Tindakan ini bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang berpotensi akan menempel di plak dan menjadi karang gigi," terang penelitian ini.

"Sangat disarankan agar kamu berkumur dengan cairan pembersih mulut atau mouthwash agar proses pembersihan yang terjadi lebih maksimal."

Selain cara di atas, penelitian ini juga menyarankan kamu untuk minum menggunakan sedotan ketika meminum minuman bersoda. Sebab dengan menggunakan sedotan, maka gigi tidak bersinggungan langsung dengan gula atau soda yang mampu merusak kesehatan gigi. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini