Berkenalan dengan sorgum, biji-bijian sehat yang bikin kenyang

Senin, 27 Maret 2017 13:33 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Berkenalan dengan sorgum, biji-bijian sehat yang bikin kenyang Ilustrasi sorgum. huffingtonpost

Merdeka.com - Selain dari beras yang kemudian diolah menjadi nasi, kamu juga bisa membuat perutmu kenyang dengan konsumsi biji-bijian sehat.

Salah satu jenis biji-bijian sehat yang cukup dikenal adalah gandum. Padahal selain gandum, ada pula sorgum. Sorgum sendiri merupakan tanaman yang bisa dijadikan sumber pangan selain gandum, padi, atau jagung. Berbeda dengan padi, sorgum ternyata lebih sehat karena rendah akan kandungan gula di dalamnya.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat sehat dari makan sorgum.

Menurunkan kolesterol

Salah satu alasan kenapa sorgum sehat adalah karena kandungan phytochemical di dalamnya yang membantu dalam mengurangi atau menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Bebas gluten

Selain bebas dari kandungan gula, sorgum juga bebas gluten sehingga cocok untuk dikonsumsi mereka yang alergi dengan gluten.

Mencegah kanker

Dengan kandungan phytochemical di dalam sorgum, maka makanan ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker terutama kanker kulit atau kanker yang berhubungan dengan kesehatan pencernaan.

Menguatkan tulang

Tulang yang lemah adalah masalah serius. Namun dengan makan sorgum kamu bisa mendapatkan tulang yang kuat karena sorgum mengandung magnesium serta kalsium di dalamnya.

Anti diabetes

Sorgum adalah biji-bijian yang membantu dalam mencegah diabetes. Sebabnya sorgum mengandung tanin yang mencegah penyerapan pati dalam tubuh, membantu mengatur insulin, serta mempertahankan tingkat glukosa dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makan sorgum juga terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Tingginya kandungan zat antioksidan dalam sorgum mampu meningkatkan fungsi jantung serta mencegah penyakit kardiovaskular. Selain mengandung zat antioksidan, sorgum juga mengandung vitamin B, vitamin E, magnesium, dan zat besi.

Menurunkan berat badan

Kamu berniat untuk menurunkan berat badan namun ingin tetap kenyang? Gantilah konsumsi nasi dengan sorgum dan lihat perubahan pada berat badanmu. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini