Berjalan 30 Menit Setiap Hari Bisa Menurunkan Risiko Kematian pada Penyintas Strok

Senin, 16 Agustus 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berjalan 30 Menit Setiap Hari Bisa Menurunkan Risiko Kematian pada Penyintas Strok ilustrasi berjalan. ©www.goredforwomen.org

Merdeka.com - Melakukan olahraga dan mengatur pola makan merupakan hal yang tidak hanya bermanfaat dalam menurunkan berat badan saja. Hal ini juga diketahui bisa berdampak maksimal pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Terdapat berbagai jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menggerakkan tubuh. Saah satu cara yang paling murah dan mudah dilakukan adalah berjalan.

Dilansir dari The Health Site, penelitian terbaru mengungkap bahwa berjalan 30 menit setiap hari bisa sangat berdampak maksimal terutama pada penyintas penyakit strok. Diketahui bahwa olahraga sederhana ini bisa sangat bermanfaat dalam menurunkan risiko kematian.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal Neurology. Diketahui bahwa seseorang yang berjalan setidaknya 3 hingga 4 jam seminggu memiliki risiko kematian menurun hingga 54 persen walau mereka sebelumnya pernah mengalami strok.

2 dari 2 halaman

Paling Efektif pada Pasien di Bawah 75 Tahun

Pada lansia di bawah usia 75 tahun, risiko kematian bisa menurun hingga 80 persen. Manfaat ini bakal lebih maksimal dialami oleh mereka yang berjalan 6 hingga 7 jam per minggu.

Penelitian dilakukan pada 895 partisipan dengan usia rata-rata 72 tahun dan sebelumnya pernah mengalami strok. Selain itu terdapat juga 97.805 partisipan dengan usia rata-rata 63 tahun dan tak pernah mengalami stroke sebelumnya.

Peneliti mengevaluasi rata-rata aktivitas fisik mingguan partisipan selama setidaknya 4,5 tahun. Dari penelitian tersebut diketahui seberapa besar pengaruh berjalan setiap minggu terutama bagi penyintas strok.

Pasien yang sebelumnya mengalami strok dan berusia di bawah 75 tahun memiliki angka penurunan kematian paling tinggi. Hasil temuan ini masih membutuhkan penelitian lanjutan terutama untuk mendesain terapi yang lebih baik dalam mengurangi risiko kematian. [RWP]

Baca juga:
Berhenti Bekerja Bisa Menjadi Penyebab Menurunnya Kesehatan, Kok Bisa?
Peran Orangtua dalam Mencegah Penularan Covid-19 pada Anak-Anak
Konsumsi Buah 2 Porsi Sehari Bisa Turunkan Risiko Diabetes
Penelitian Membuktikan Risiko Penyebaran COVID-19 Sangat Kecil di Dokter Gigi
Satu Jam Merupakan Batas Maksimal Bermain Internet dan Video Games bagi Remaja
Penelitian Buktikan Tidur Siang Bisa Bantu Mempertajam Otak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini