Berisiko Alami Malnutrisi, Intervensi Gizi Penting Dilakukan pada Penderita Kanker

Jumat, 16 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berisiko Alami Malnutrisi, Intervensi Gizi Penting Dilakukan pada Penderita Kanker Ilustrasi Kanker. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Penyesuaian makanan yang kita konsumsi, sangat penting dilakukan demi kesehatan. Hal ini tidak terkecuali bagi mereka yang menderita penyakit kanker.

Vice Chairman Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Dokter Ida Gunawan menyebutkan intervensi gizi pada pengidap kanker yang menjalani pengobatan diperlukan untuk mencegah malnutrisi. Ida mengatakan dalam survei yang dilakukan pada 300 pengidap kanker yang menjalani pengobatan di Rumah Sakit Dharmais Jakarta sekitar 30 persen pasien mengalami malnutrisi.

“Kanker menyebabkan inflamasi (peradangan) timbul di seluruh bagian tubuh. Efek operasi, radioterapi, dan kemoterapi itu menambah inflamasi di dalam tubuh. Selain menyebabkan kelelahan secara fisik hingga fungsi syaraf terganggu. Termasuk juga kelelahan mental sehingga pasien berada di titik terpuruk dan berujung pada tidak nafsu makan yang menyebabkan malnutrisi,” kata Ida beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Dokter spesialis Gizi Klinis itu mengatakan intervensi gizi seharusnya dilakukan sejak kanker terdeteksi dari awal sehingga lebih mudah untuk mencegah terjadinya malnutrisi. Intervensi gizi oleh profesional terhadap pengidap kanker pun dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam pemberian makanan dan minuman kepada pasien. Kerap kali setelah mendengar vonis kanker, pasien justru malah menjalani pola makan yang salah seperti layaknya berdiet.

Baca Selanjutnya: Hal yang Harus Diperhatikan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kanker
  4. Nutrisi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini