Berbagi Cerita dengan Anak Bisa Bantu Perkembangan Otak Anak

Jumat, 20 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berbagi Cerita dengan Anak Bisa Bantu Perkembangan Otak Anak Ilustrasi Anak Membaca Bersama Orangtua. ©Today.com

Merdeka.com - Salah satu hal yang disarankan untuk dilakukan antara orangtua dan anak adalah berbagi cerita. Tidak perlu hal-hal yang berat, berbagi cerita ini bisa juga dilakukan pada hal-hal kecil seperti kegiatan anak dan orang tua sehari-hari.

Minta juga anak bercerita tentang kesibukannya di sekolah, atau saat bermain, di tempat les dan aktivitasnya seharian. Saling bertukar cerita adalah hal yang sangat menyenangkan bagi anak dan bisa memperkuat ikatan anak dan orang tua.

Tak hanya itu, bercerita merupakan proses belajar yang sangat penting. Otak anak akan distimulus untuk berbicara secara runut, mengingat kembali apa yang dialami, termasuk menganalisis secara mendalam apa yang telah dilakukannya.

"Bercerita akan mengolah kembali semua bentuk pengalaman mereka dalam bahasa. Kemampuannya dalam berbicara akan bertambah. Ini sangat penting dilakukan di masa golden age karena akan membuat landasan kuat di tumbuh kembang dia pada masa depan nya," kata Jovita Ferliana, M.Psi, seorang psikolog anak, di Jakarta.

Jovita juga mengungkap ada banyak manfaat dari saling bertukar cerita secara rutin.

1 dari 5 halaman

Melatih Mengambil Keputusan

Cerita membantu perkembangan persepsi, memori, proses berpikir, perasaan dan emosi anak. Secara perlahan, nantinya akan membantu anak melatih kemampuan untuk menganalisis, termasuk dalam hal mengambil keputusan.

2 dari 5 halaman

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Melalui cerita, anak akan belajar banyak untuk berkomunikasi secara efektif. Bagaimana bercerita secara runut, bertanya, menanggapi, mendengarkan orang lain dan bakal memperkuat hubungan interpersonalnya.

3 dari 5 halaman

Melatih Empati

Dengan menikmati cerita tentang tokoh yang menarik, anak terlibat dalam perilaku "Role-Talking" dimana ia akan memposisikan dirinya di posisi tokoh dan membayangkan bagaimana tokoh tersebut berpikir, merasakan dan berperilaku.

4 dari 5 halaman

Perkembangan Fisik dan Emosi

Bercerita juga membantu proses tumbuh kembang anak yang baik untuk perkembangan fisik, psikologis, sosial, moral, dan spiritual. Hal ini tentu sangat penting bagi perkembangan anak yang tepat dan sempurna secara keseluruhan.

5 dari 5 halaman

Munculkan Kepercayaan Diri

Dengan bercerita akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan dirinya. Anak bisa dengan mudah memberi tahu apa yang ada di pikirannya, apa yang disukai dan tak disukai. Hal ini sangat baik agar ia terbiasa mengungkapkan pendapatnya.

Reporter: Vika Novianti Umar
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Lebih Baik Hanya Memiliki 2 Anak
Begini Cara yang Disarankan Psikolog untuk Buat Anak Lebih Bertanggungjawab
Awasi Anak dan Remaja dari Karya Seni yang Mengandung Unsur Bunuh Diri

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini