Berbagai Jenis Luka serta Cara Tepat untuk Mengatasinya

Jumat, 16 Oktober 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berbagai Jenis Luka serta Cara Tepat untuk Mengatasinya Ilustrasi luka iris. ©Shutterstock.com/Dimitar Yalamov

Merdeka.com - Luka yang dialami oleh seseorang memiliki beberapa jenis yang berbeda. Kedua jenis luka ini perlu dibedakan penyebabnya serta cara mengatasinya.

Dokter spesialis luka Adisaputra Ramadhinara menjelaskan perbedaan antara luka akut dan luka kronis beserta cara menanganinya.

"Berdasarkan onset terjadinya luka, kita dapat menggolongkan luka menjadi luka akut dan luka kronis," terang Adisaputra beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Dokter spesialis luka bersertifikasi itu menjelaskan, luka akut terjadi pada individu yang sehat, contohnya luka yang terjadi akibat jatuh atau tak sengaja terkena cipratan minyak panas. Luka akut dapat disembuhkan dengan perawatan di rumah tanpa harus dilanjutkan ke dokter atau fasilitas medis. Adisaputra menjelaskan cara menangani luka bakar yang terjadi di rumah, seperti luka yang diakibatkan cipratan minyak panas.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menaruh luka di bawah air mengalir setidaknya lima belas menit.

"Agar panas terbuang sehingga kerusakan jaringan akibat luka panas minimal," ujarnya.

Kemudian, semprot luka dengan semprotan antiseptik mengandung Polyhexanide (PHMB) yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak terasa perih saat digunakan untuk membersihkan luka. Semprotan antiseptik berguna untuk meminimalisasi bakteri di dalam luka.

Baca Selanjutnya: Tutup Luka...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini