Berat badan ideal ternyata menurunkan risiko kanker payudara

Selasa, 22 Mei 2012 22:00 Reporter : Rizqi Adnamazida
Berat badan ideal ternyata menurunkan risiko kanker payudara Ilustrasi berat badan ideal. merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Hubungan antara obesitas dan risiko kanker payudara pada wanita menopause sudah lama menjadi bahan incaran studi para ahli. Secara khusus, kegemukan di awal usia 60-an memang sering berkaitan dengan kasus kanker payudara. Para ahli pun menduga jaringan lemak yang ada pada tubuh memicu produksi estrogen berlebih dan menyebabkan tumor berkembang pada payudara. Mereka lantas menyimpulkan bahwa berat badan ideal jelas mampu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita menopause.

Dr. Anne McTiernan, direktur Prevention Center di Fred Hutchinson, Washington, menyebutkan wanita yang tekun menjalani diet dan menjaga berat badannya akan memproduksi hormon estrogen dalam jumlah stabil, sehingga risiko terserang kanker pun menurun.

"Sebanyak 25-50% kanker payudara dipicu banyaknya hormon estrogen yang selama ini memang menjadi penyebab kanker tersebut. Sudah ada sembilan penelitian yang dilakukan dan menghasilkan bukti wanita dengan hormon estrogen tinggi memiliki risiko kanker payudara dua kali lebih tinggi. Kami memperkirakan bahwa kami bisa mengurangi risiko itu berdasarkan studi yang ada," terang McTiernan, seperti yang dikutip dari ABC News (22/05).

Meskipun demikian, para wanita tidak perlu melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badannya. Hal yang paling penting adalah dengan memiliki target menurunkan berat badan sebesar 10% untuk alasan kesehatan.

Sementara itu, ahli epidemiologi yang tidak ikut dalam penelitian,  Dr. Walter Willett dari Harvard University mendukung penelitian ini.

"Penurunan berat badan oleh para wanita menopause adalah salah satu cara terbaik mengurangi risiko kanker payudara. Dan juga berdampak pada hal yang lain, seperti menurunnya risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker lainnya," tegas Willett. [riz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini