Benarkah Seseorang yang Pernah Kena Serangan Jantung Tidak Boleh Olahraga?

Sabtu, 14 Maret 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkah Seseorang yang Pernah Kena Serangan Jantung Tidak Boleh Olahraga? Ilustrasi olahraga. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Warren Goldswain

Merdeka.com - Banyak orang yang pernah mengalami serangan jantung menjadi takut untuk berolahraga dan beraktivitas secara berat. Hal ini membuat mereka lebih banyak istirahat dan kurang aktif. Benarkah hal tersebut?

Konsultan Kardiologi Intervensi Rumah Sakit Awal Bros Bekasi, Dasdo Antonius Sinaga menampik anggapan terkait serangan jantung dan olahraga. Menurutnya, anggapan yang beredar itu tidaklah benar. Pasien bisa mulai melakukan aktivitas olah tubuh sesuai anjuran dokter.

"Ini adalah pandangan yang salah. Sesegera mungkin, setelah mengalami serangan jantung, pasien jantung harus segera mulai bergerak. Lakukan aktivitas fisik yang dianjurkan oleh dokter. Mulai berjalan lambat hingga jalan cepat," jelas Dasdo.

"Durasinya selama 30 sampai 40 menit sebanyak 3-4 kali per minggu. Jika fisik sudah lebih kuat, bisa berjalan cepat hingga berlari kecil," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Olahraga yang Dianjurkan

Adapun olahraga lain yang dianjurkan untuk orang yang pernah terkena serangan jantung adalah bersepeda, baik sepeda statis ataupun sepeda di jalanan.

Penelitian membuktikan, setelah serangan jantung, orang yang rajin berolahraga atau gerak tubuhnya aktif dapat memperpanjang usia hidup. Mereka pun lebih sehat dan bugar.

"Pada saat berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat, sehingga bisa memompa darah lebih efisien. Kesehatan pembuluh arteri juga lebih baik," tandas Dasdo.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Kopi dalam Jumlah di Bawah 4 Gelas Sehari Tak Munculkan Masalah Jantung
Nyeri yang Terjadi di Dada Bisa Jadi Salah Satu Tanda Adanya Serangan Jantung
Begini Tips untuk Perut Kenyang Tanpa Makan Berlebihan
Serangan Jantung Bisa Jadi Ancaman Ketika Perjalanan Panjang di Pesawat
Kenali Gejala Penyakit Jantung yang Dialami oleh Wanita

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini