Benarkah Olahraga Teratur Bisa Membantu Mengusir Bau Mulut?

Minggu, 15 September 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkah Olahraga Teratur Bisa Membantu Mengusir Bau Mulut? Ilustrasi Bau Mulut. ©triangledentistry.com

Merdeka.com - Berolahraga secara teratur disebut bisa membantu melepaskan racun pada tubuh. Bahkan banyak orang yang mempercayai bahwa olahraga ini bisa mengusir bau mulut yang dialami seseorang, benarkah?

Dokter gigi Dina Adrianti pernah menjelaskan, cara mengurangi bau mulut dengan berolahraga itu tidak tepat. Keduanya tidak saling berkaitan.

“Enggak ada hubungannya, antara olahraga dengan mengurangi bau mulut. Justru saat kita berolahraga, cairan tubuh akan berkurang, termasuk air liur. Jumlah air liur akan sedikit,” jelas Dina melalui siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan beberapa waktu silam.

Jumlah air liur yang sedikit tidak akan mampu membersihkan plak-plak di dalam mulut. Plak yang tidak sepenuhnya dibersihkan air liur inilah yang akan menimbulkan bau mulut tak sedap.

Untuk mengatasi bau mulut, cara terbaik adalah menjaga kebersihan mulut, baik gigi maupun lidah. Rajin menggosok gigi dan membersihkan sisa makanan yang menyelip pada gigi dapat membantu atasi bau mulut.

“Menggosok gigi bisa membantu (atasi bau mulut), tapi kita juga harus membersihkan sisa makanan yang menyelip. Itu bisa menggunakan benang gigi,” lanjut Dina yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta.

Tak lupa menjaga kebersihan lidah. Lidah yang kering ditandai lapisan putih. Hal itu harus dibersihkan karena bisa menyebabkan bau mulut.

“Lidah bisa dibersihkan dengan cara digosok menggunakan sikat gigi. Bisa juga menggunakan alat pembersih lida,” tandasnya.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan.com [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini