Benarkah menyusui bikin payudara jadi kendur?

Rabu, 26 April 2017 13:46 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Benarkah menyusui bikin payudara jadi kendur? Ilustrasi menyusui. Shutterstock/Vitalinka

Merdeka.com - Menyusui buah hati mutlak menjadi pilihan masing-masing ibu. Ada yang ingin menyusui secara penuh untuk memastikan anak mendapatkan nutrisi yang diperlukan, ada pula yang tidak.

Bagi para ibu yang tidak menyusui buah hati mereka, bisa jadi karena keadaan yang membuatnya tidak mampu menyusui. Ada pula karena ketakutan yaitu payudara menjadi kendur.

Namun, benarkah menyusui bisa bikin payudara jadi kendur atau melorot?

"Kebanyakan wanita berpikir bahwa menyusui bisa membuat payudara kendur. Namun para ahli kesehatan sendiri mengatakan bahwa menyusui bukanlah satu-satunya alasan yang membuat payudara turun. Banyak faktor lain yang berkontribusi seperti naik turunnya berat badan, usia, keturunan, kebiasaan buruk seperti merokok, serta aktivitas sehari-hari," ungkap penelitian yang dilansir dari boldsky.com.

"Sebuah penelitian bahkan mengklaim bahwa tidak ada perbedaan bentuk payudara di antara dua kelompok wanita yang menyusui dan tidak menyusui. Bahkan menyusui ternyata bisa membuat kulit di area dada menjadi lebih sehat."

"Menyusui juga bermanfaat untuk meminimalkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium sebelum menopause," imbuh penelitian ini.

Jadi, apakah menyusui membuat payudara jadi kendur? Jawabannya tidak.

"Jika kamu ingin tetap memiliki payudara yang kencang dan seksi, jauhi segala macam kebiasaan buruk yang membuat payudara menurun. Kemudian kendalikan berat badan, olahraga secara teratur, pakailah bra yang mendukung, serta oleskan krim pelembap kulit payudara secara rutin." [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini