Benarkah makan es krim bikin tubuh jadi dingin?

Selasa, 20 Oktober 2015 17:25 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Benarkah makan es krim bikin tubuh jadi dingin? Ilustrasi es krim. ©2015 Merdeka.com/Pixabay/Victor Hanacek

Merdeka.com - Di musim kemarau berkepanjangan seperti ini, Anda pasti setuju bahwa makan es krim di tengah udara yang panas adalah hal yang menyenangkan. Dinginnya suhu es krim saat mengalir memasuki kerongkongan Anda terasa begitu melegakan. Sehingga Anda pasti berpikiran bahwa makan es krim atau minum air es mampu membuat suhu tubuh yang naik akan menurun.

Lantas, benarkan makan es krim mampu membuat tubuh Anda jadi dingin?

"Well, hingga sejauh ini tidak ada bukti yang mampu menunjukkan bahwa saat makan es krim atau minum air dingin, maka tubuh Anda jadi dingin," ungkap Profesor Susan Lanham-New, kepala ilmu gizi di University of Surrey.

"Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh pasti akan melalui proses pencernaan dan mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga tubuh selalu terasa hangat setiap kali Anda selesai makan sesuatu," terangnya. "Begitu pula ketika Anda makan es krim. Suhu dingin es krim akan langsung menyesuaikan dengan suhu tubuh Anda. Sehingga sejauh ini memang tidak ada bukti ilmiah yang bisa menemukan bahwa makan es krim atau makanan dingin lainnya mampu membuat tubuh Anda juga ikut-ikutan dingin."

"Sebaiknya saat Anda merasa panas, cobalah untuk tetap minum banyak air putih. Sebab air putih akan menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika Anda kepanasan." [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini