Benarkah Kesehatan Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan?

Kamis, 21 November 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkah Kesehatan Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan? Ilustrasi sakit gigi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Minerva Studio

Merdeka.com - Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang penting dilakukan setiap hari. Hal ini seharusnya sudah dilakukan dan dibiasakan sejak usia dini karena berbagai macam dampaknya.

Beberapa kebiasan gigi yang sudah diajarkan sejak kecil adalah menggosok gigi setidaknya dua kali setiap hari. Selain itu bersihkan sesering mungkin terutama setelah makan. Hal lain yang penting dilakukan adalah untuk memeriksakan gigi ke dokter enam bulan sekali.

Lalai menjaga kebersihan gigi bisa berdampak pada sejumlah masalah seperti gigi membusuk, masalah gusi, atau bahkan bau mulut. Selain itu, kamu juga bakal tak nyaman ketika makan atau minum sesuatu.

Sejumlah masalah yang terjadi pada gigi juga rupanya tanpa kamu sadari bisa berdampak besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian terbaru mengungkap mengenai hubungan antara masalah gigi dengan masalah tubuh lain.

Masalah gusi seperti periodontitis ternyata tidak hanya berdampak pada kesehatan mulut namun juga pada sejumlah kondisi kesehatan kronis seperti alzheimer. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 juga mengungkap hubungan antara masalah gigi dan kesehatan jantung.

Penelitian lain juga mengungkap hubungan antara masalah gusi dengan diabetes dan stroke. Pada ibu hamil, masalah gusi ini juga bisa jadi tanda adanya komplikasi kehamilan.

Sayangnya, tak banyak orang yang mempedulikan adanya masalah pada gusi ini. Banyak orang dewasa yang diketahui ternyata memiliki masalah periodontitis ini.

1 dari 1 halaman

Mulut Ungkap Masalah Nutrisi di Tubuh

Lebih lanjut, masalah mulut ini mengungkap berbagai kondisi yang dialami tubuh kita. Sebagai contoh, mulut kering dan pecah menjadi tanda kurangnya vitamin B2.

Gusi berdarah bisa jadi tanda kurangnya vitamin C pada tubuh seseorang. Lidah yang melembut dan memerah bisa menjadi tanda masalah anemia ayau pola makan buruk. Sedangkan mulut merah menjadi tanda adanya stres.

Untuk mengatasi masalah yang terjadi di mulut ini, penting untuk mengonsumsi sejumlah suplemen. Sebagai contoh, vitamin A bisa membantu mengobati jaringan gusi. Sedangkan vitamin C bisa mencegah munculnya plak dan mengobati gusi. [RWP]

Baca juga:
Masalah Gigi yang Dimiliki Seseorang Bisa Jadi Tanda Risiko Masalah Kardiovaskular
Benarkah Olahraga Teratur Bisa Membantu Mengusir Bau Mulut?
Buruknya Kondisi Kesehatan Mulut Bisa Sebabkan Penurunan Kognitif
Ini Hal yang Perlu Disiapkan Orangtua Sebelum Mengajak ABK ke Dokter Gigi
Apakah Bertukar Sikat Gigi Bisa Timbulkan Dampak Seperti Berciuman?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini