Benarkah Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Sebabkan Meningitis?

Rabu, 9 Januari 2019 13:22 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkah Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Sebabkan Meningitis? Ilustrasi kanker tiroid. ©Shutterstock/Bork

Merdeka.com - Salah satu jenis kanker yang paling banyak diidap masyarakat Indonesia adalah kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma. Dalam gejala yang ditunjukkannya, pasien kanker jenis ini tampak seperti mengalami meningitis.

Konsultan hematologi onkologi medik, dokter Ronald A. Hukom menjelaskan bahwa sel kanker bisa saja menyebar ke berbagai organ tubuh. Ketika penyebaran sel tumor mencapai ke selaput otak, pasien tersebut memperlihatkan gejala seperti mengalami peradangan selaput otak atau meningitis.

"Sel tumor lainnya, bukan hanya kanker kelenjar getah bening, bila menyebar ke selaput otak, bisa saja gejalanya seperti meningitis," kata dokter Ronald Hukom.

Gejala awal meningitis mirip infeksi virus biasa, seperti demam tinggi. Selain itu, sering mengeluh adanya sakit kepala, adanya kekakuan pada leher, penurunan kesadaran, muntah, dan kejang.

Untuk menentukan pasien kanker tersebut mengalami meningitis atau gejala meningitis akibat penyebaran sel kanker ke selaput otak, dokter perlu melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Periksa biopsi/situlogi semua daerah dicurigai, apa ada sel tumor di situ karena sel kanker bisa menyebar ke berbagai organ (termasuk selaput otak)," kata Ronald.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini