Benarkah Air Rebusan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Covid-19?

Senin, 30 November 2020 11:37 Reporter : Dwi Zain Musofa
Benarkah Air Rebusan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Covid-19? bawang putih. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Belakangan ini ramai beredar informasi terkait khasiat rebusan bawang putih yang bisa menyembuhkan Covid-19. Benarkah hal tersebut?

Informasi ini ramai beredar melalui pesan di platform WhatsApp Grup yang menginformasikan bahwa air bawang putih yang baru direbus dapat menyembuhkan COVID-19. Dalam pesan tersebut disampaikan jika rebusan air bawang putih tersebut telah dibuktikan keefektifannya oleh seorang dokter muslim Tiongkok beserta banyak pasien COVID-19.

Namun, hal ini telah dibantah oleh tim Satgas Covid-19 Indonesia. Satgas Covid-19 menyebut jika pesan yang beredar melalui WhatsApp itu dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan. Hal ini karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto, mengonfirmasi bahwa meminum air rebusan bawang putih tidak akan membawa efek apapun dan belum ada obat yang bisa menyembuhkan virus corona.

Selain itu, melalui laman resmi who.int, WHO menyebutkan bawang putih adalah makanan sehat yang mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba. Namun, tidak ada bukti bahwa makan bawang putih telah melindungi orang dari virus COVID-19.

Untuk terhindar dari paparan Covid-19, langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan terus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan di setiap aktivitas seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Selain itu, Anda juga wajib menghindari kerumunan agar mengurangi risiko terkena paparan virus corona. [dzm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini