Belum Menemukan Minat Walau Sudah Dewasa? Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Senin, 29 Juni 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Belum Menemukan Minat Walau Sudah Dewasa? Ini yang Bisa Kamu Lakukan generasi milenial. ©2018 istimewa

Merdeka.com - Ketika mulai memasuki usia dewasa, seseorang biasanya sudah mengetahui dan menemukan hal yang disukainya. Namun ternyata hal ini tidak dialami begitu saja oleh semua orang. Beberapa orang ada juga yang belum menemukan minat mereka walau sudah berusia dewasa.

Psikolog dari Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani mengatakan hal ini umum terjadi pada orang-orang yang menjalani rutinitas, semisal usai bangun pagi lalu bekerja, berkumpul bersama teman-teman di kala senggang dan begitu seterusnya di hari-hari berikutnya.

"Tidak apa-apa sih, bukan tidak punya hobi (atau apa yang disukai) tetapi belum mengeksplorasi hobinya. Ini umum terjadi pada orang yang menjalani rutinitas, bangun pagi lalu kerja, hanging out sama teman," ujar dia dalam konferensi pers daring HiLo Active, beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Menurut Nadya, sebenarnya orang dewasa lebih mudah mengenali hobi karena memiliki kemampuan berpikir reflektif yakni bisa memaknai apa yang bisa dilakukan, tahu apa yang disukai dan tidak suka lalu mengevaluasi diri alasannya.

1 dari 1 halaman

Lalu, bagi kamu yang belum menemukan kesukaan apa yang bisa dilakukan? Tipsnya "STAR", yakni Star, Try, Assess dan Repeat. Nadya mengatakan, mulailah dari yang ada di rumah atau apapun yang terlintas pertama di pikiran. Lalu, ketika sudah mulai, cobalah beberapa kali.

"Ketika sudah mulai coba dulu beberapa kali, jangan langsung tinggalin, mungkin bisa dapat beberapa kali pembelajaran," kata Nadya.

Setelah itu, evaluasi apa yang sudah dilakukan, bagaimana perasaanmu, identifikasi semua emosi lalu pahami alasan emosi itu muncul.

"Lalu ulangi untuk meningkatkan skill. Kalau enggak suka (pada apa yang sudah dimulai setelah dievaluasi) mulai lagi dari awal sampai menemukan hobi (atau hal yang disukai)," tutur Nadya. [RWP]

Baca juga:
Cegah Gangguan Psikosomatik dan Stres di Masa Pandemi Bisa Dilakukan dengan Musik
Penyakit Bipolar, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya Sedini Mungkin
Hindari Gejala Psikosomatis, Begini Saran Dokter untuk Tanggapi Berita COVID-19
Psikolog Ungkap Tantangan yang Dihadapi Masyarakat di Masa New Normal
Kebiasaan Bermain Video Game Bisa Pengaruhi Pola Makan Menjadi Lebih Buruk
Cara Mudah Tingkatkan Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini