Begini Tips agar Berat Badan Tidak Melonjak pada Masa Pandemi COVID-19

Jumat, 2 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Tips agar Berat Badan Tidak Melonjak pada Masa Pandemi COVID-19 ilustrasi berat badan. © elembarazo.net

Merdeka.com - Pada masa Pandemi COVID-19 seperti saat ini, banyak orang menjaga agar berat badan mereka tidak melonjak. Walau begitu, hal ini sebenarnya cukup mudah dilakukan asal tetap memertahankan pola makan dengan gizi seimbang.

Menurut dokter spesialis gizi klinik Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya, dr Diana F Suganda SpGK, idealnya semua zat gizi harus ada di dalam menu makanan setiap hari. Dari makronutrisi hingga mikronutrisi tak boleh ada yang dihilangkan satu pun.

Diana menggambarkannya seperti tumpeng. Di bagian paling bawah atau dasar adalah yang paling banyak, dan paling atas yang paling sedikit.

"Di paling bawah adalah air delapan gelas per hari. Di atas air adalah karbohidrat, porsinya tiga hingga delapan porsi per hari. Di atasnya lagi sayur dan buah, di atasnya lagi protein nabati (dua hingga tiga porsi), dan hewani (dua hingga tiga porsi)," kata Diana dalam webinar Refleksi Setahun Pandemi: Masyarakat Semakin Abai atau Peduli belum lama ini.

Diana, mengingatkan, agar tidak melupakan gula, garam, dan lemak. Posisinya berada di paling atas, yang berarti porsinya harus sedikit.

Bagaimana juga, kata Diana, manusia butuh ketiga unsur tersebut, "Kita tetap butuh, tapi sedikit saja," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Isi Piringku...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini