Begini Cara Stres Bisa Membuat Rambut Menjadi Beruban

Selasa, 7 September 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara Stres Bisa Membuat Rambut Menjadi Beruban Ilustrasi rambut beruban. ©istimewa

Merdeka.com - Rambut putih atau beruban selalu dihubungkan dengan kondisi yang bakal terjadi ketika seseorang bertambah usia. Namun, kondisi ini juga banyak dihubungkan dengan stres yang dialami oleh seseorang.

Walau selama ini hubungan antara stres dan munculnya uban belum banyak diketahui, namun penelitian terbaru mengungkap hal ini. Dilansir dari Science Daily, peneliti dari Harvard University mengungkap bagaimana hubungan dari kedua hal ini.

Diketahui bahwa stres mengaktifkan saraf yang menjadi bagian dari respons siaga. Hal ini selanjutnya berhubungan dengan cedera permanen pada sel yang berhubungan dengan regenerasi pigmen pada folikel rambut.

"Setiap orang memiliki anekdot sendiri mengenai dampak stres terhadap tubuh, terutama pada kulit dan rambut, jaringan yang bisa kita ligat langsung dari luar," terang peneliti Ya-Chieh Hsu dari Harvard.

"Kami ingin mengetahui apakah hubungan ini benar, dan jika begitu, bagaimana stres berujung perubahan pada jaringan yang berbeda. Pigmentasi rambut merupakan sistem yang bisa diakses dan mudah dikerjakan. Selain itu, kami juga penasaran apakah stres benar membuat rambut menjadi beruban," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Rambut Beruban Berhubungan dengan Sistem...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini