Begini Cara Menjaga Olahraga bagi Mereka yang Berusia di Atas 50 Tahun

Sabtu, 21 November 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara Menjaga Olahraga bagi Mereka yang Berusia di Atas 50 Tahun Ilustrasi orang tua. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Carme Balcells

Merdeka.com - Berolahraga dan menjaga kebugaran merupakan salah satu hal yang penting untuk terus dilakukan. Hal ini penting dilakukan oleh siapa pun pada usia berapa pun.

Mereka yang sudah berusia di atas 50 tahun dan lansia perlu tetap melakukan aktivitas fisik termasuk olahraga walau di tengah pandemi COVID-19 demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, sebelum memutuskan jenis aktivitas dan intensitasnya, ahli kardiovaskular, dr. Gusti Rizky Teguh Ryanto menyarankan para senior berkonsultasi dengan dokter dan menjalani skrining kesehatan.

"Sudah muncul faktor risiko berbagai penyakit seperti kardiovaskular. Pertama sebelum dilakukan konsultasi ke dokter, kalau bisa skrining dulu penyakit semisal jantung, gula darah, diabetes," kata dia dalam wawancara bersama media secara daring beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Menurut Rizky, rekomendasi aktivitas akan tergantung pada individu masing-masing dengan durasi minimal 150 menit dalam seminggu dengan intensitas sedang atau 75 menit intensitas tinggi per minggu. Olahraga tersebut sebaiknya dibagi ke dalam beberapa sesi dalam seminggu untuk capai target.

Baca Selanjutnya: Pembagian Aktivitas yang Bisa Dilakukan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kebugaran
  4. Bugar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini