Begini Cara Jitu yang Bisa Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri Sejak Kecil

Rabu, 13 Oktober 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara Jitu yang Bisa Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri Sejak Kecil ilustrasi anak. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu cobaan yang biasa dialami oleh orangtua dalam mendidik anak adalah membiasakan buah hati agar menjadi mandiri. Pada tahap ini, orangtua kerap kesulitan karena sering tidak tega atau terlalu keras dalam mendidik anak.

Salah satu cara yang penting adalah untuk membuat anak-anak merasa bahwa mereka mampu untuk melakukan sesuatu. Mereka harus disediakan peluang agar bisa bertindak dan merasa seperti sudah besar.

Dilansir dari Medical Daily, Dr. Jacqueline Sperling, psikolog klinis di Harvard Medical School mengungkap bahwa terdapat sejumlah strategi untuk memupuk kemandirian anak-anak bahkan dalam usia muda. Cara yang bisa dilakukan ini juga sangat mudah.

Sperling mengungkap bahwa anak sebaiknya diminta untuk menyiapkan cemilan mereka sendiri atau memesannya sendiri. Selain itu, mereka juga diminta untuk memilih pakaian sendiri atau bertanya pada orang di tempat tertentu seperti pada toko mainan.

Anak-anak sebaiknya diijinkan untuk bermain ke rumah teman dengan mempertimbangkan area hidupnya. Mereka juga bisa diminta bertindak sebagai saudara lebuh tua bagi anak lain di lingkungan sekitar ketika orang tua melakukan pekerjaan rumah tangga. Ketika anak penasaran dengan sesuatu hal, minta mereka untuk meminta tolong atau bertanya pada orang lain.

Secara bertingkat, Sperling menyarankan untuk meningkatkan keterlibatan anak ketika melakukan pekerjaan rumah tangga. Hal ini bakal membuat mereka merasa mampu dan mengerjakan sesuatu secara mandiri serta bertanggungjawab pada diri sendiri.

Baca Selanjutnya: Dilakukan Secara Bertahap...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini