Begini Cara Efektif Tenangkan Anak yang Tengah Tantrum di Tempat Umum

Senin, 24 Juni 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara Efektif Tenangkan Anak yang Tengah Tantrum di Tempat Umum Ilustrasi Anak Tantrum. ©Parents.com

Merdeka.com - Salah satu masalah yang kerap dialami oleh orangtua adalah ketika anak tantrum atau rewel di tempat umum. Orangtua kerap kewalahan ketika hal ini terjadi dan bingung bagaimana harus menindak anak.

Menurut dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang Catharine M Sambo, cara terbaik untuk menenangkan anak tantrum dengan menjauhkan anak ke tempat lebih sepi.

"Cara menenangkan anak tantrum dengan membawanya pergi dari orang banyak. Gendong anak lalu bawa pergi ke suatu tempat (yang agak sepi)," saran Catharine saat ditemui di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta.

Tantrum mencapai puncak ketika anak berusia 2-3 tahun. Di usia tersebut anak mampu mengomunikasikan apa yang dia inginkan. Orangtua harus bisa menenangkan dan melatih anak berkomunikasi apa yang diinginkan tanpa harus 'mengamuk.'

Anak menjadi tantrum biasanya ingin meminta sesuatu, apakah mainan, makanan atau barang lain. Saat orangtua tidak memberikan, anak pun bisa mengamuk

"Misalnya, anak mau sesuatu, kalau itu tidak tepat buat anak, jangan lantas dikasih gara-gara tantrum," tambah Catharine.

"Anak perlu belajar, meminta sesuatu dengan keadaan tantrum bukan perilaku baik," lanjut dokter yang praktik di RSPI-Pondok Indah ini.

Setelah anak mulai tenang, Catharine menyarankan agar orangtua mulai melakukan dialog dengan anak. Salah satu hal yang ditanyakan adalah mengapa anak tersebut sangat menginginkan sesuatu sehingga rewel.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini