Bau mulut pertanda sakit lever?

Senin, 27 Oktober 2014 16:40 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Bau mulut pertanda sakit lever? Ilustrasi bau mulut. Shutterstock/KieferPix

Merdeka.com - Tahukah Anda bahwa masalah yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut Anda bisa menjadi pertanda dari munculnya berbagai macam penyakit serius di dalam tubuh? Dr Sameer Patel, Direktur Klinis di Elleven Gigi, London mengungkapkan bahwa perubahan warna gigi, kondisi gusi, dan masalah mulut dapat memberitahu Anda banyak hal yang berhubungan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satunya adalah penyakit lever.

Menurut penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk ini mengatakan bahwa bau mulut atau aroma napas yang tidak segar bisa menjadi tanda dari munculnya penyakit di lever Anda.

"Bau mulut atau yang dalam istilah medis disebut dengan halitosis ternyata bisa menjadi pertanda dari adanya masalah di lever atau hati Anda. Sebab hal ini berarti lever tidak mampu menetralkan racun dalam tubuh yang berakhir dengan pembusukan. Akhirnya racun ini kembali masuk ke dalam darah dan dibawa ke paru-paru yang selanjutnya dikeluarkan melalui pernapasan," jelas Dr Patel.

Selain masalah lever, bau mulut juga bisa menandakan bahwa ada masalah dengan sistem pencernaan dan lambung Anda. Jika Anda merasa bahwa bau mulut Anda yang tidak sedap berlangsung secara berkepanjangan, sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut pada dokter. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini