Bakteri dalam usus bisa pengaruhi pertumbuhan bayi

Jumat, 10 Mei 2013 19:35 Reporter : Kun Sila Ananda
Bakteri dalam usus bisa pengaruhi pertumbuhan bayi Ilustrasi bayi. ©Shutterstock.com/Zurijeta

Merdeka.com - Pertumbuhan awal bayi tampaknya dipengaruhi oleh tipe bakteri dalam sistem pencernaannya, ungkap sebuah penelitian terbaru. Berdasarkan penelitian di Norwegia, ketika lahir berbagai macam bakteri langsung menghuni organ pencernaan bayi yang masih steril.

Dalam penelitian ini peneliti mengamati sampel kotoran dari 218 bayi untuk mengetahui berbagai macam bakteri yang ada di dalamnya, seperti dilansir oleh US News (09/05).

Hasilnya, penelitian menemukan bahwa adanya spesies Bacteroides pada bayi laki-laki berusia 30 hari berarti menunjukkan penurunan pertumbuhan. Sementara itu, adanya bakteri E. Coli pada bayi berusia empat hari sampai satu bulan menandakan pertumbuhan yang normal pada bayi perempuan dan laki-laki.

"Kami menemukan cara baru untuk mengetahui pertumbuhan bakteri dalam organ pencernaan dan kaitannya dengan perkembangan kesehatan bayi," ungkap peneliti dalam press release.

"Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi para ilmuwan karena sangat sulit untuk membedakan jenis-jenis bakteri serta perkembangannya dalam sistem pencernaan. Setelah menggunakan metode ini kami menemukan adanya indikasi bahwa mikrobiota dalam usus bisa menunjukkan seberapa cepat pertumbuhan bayi dalam awal kehidupannya. Meski begitu tak menutup kemungkinan adanya faktor lain yang bisa jadi mempengaruhi pertumbuhan bakteri dan bayi," tambah Dr. Merete Eggesbo dari Norwegian Institute of Public Health.

Dengan kata lain, penelitian ini memang menunjukkan kaitan antara bakteri dalam usus dengan pertumbuhan bayi. Namun penelitian ini tak menunjukkan adanya hubungan sebab akibat. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini