Bagi Penderita Penyakit Mag ini Makanan yang Harus Diwaspadai Ketika berpuasa

Jumat, 17 Mei 2019 05:16 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bagi Penderita Penyakit Mag ini Makanan yang Harus Diwaspadai Ketika berpuasa Ilustrasi Sakit Perut. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Penderita penyakit mag atau (gastro-esophageal reflux disease) harus cukup berhati-hati ketika melakukan ibadah puasa. Dua hal yang penting untuk mereka cermati adalah dalam memilih makanan untuk sahur dan berbuka.

"Secara umum, orang dengan GERD harus menghindari makanan yang saat dikonsumsi tinggal lebih lama dalam lambungnya dan bikin begah," kata Juwalita Surapsari, dokter spesialis gizi klinik dalam sebuah temu media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Salah satunya adalah makanan yang berminyak. Juwalita mengatakan, jenis hidangan yang banyak minyak akan tinggal di lambung lebih lama dan bisa kembali ke kerongkongan.

"Jadi, diusahakan agar makanannya tidak tinggi lemak," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah ini.

Untuk makanan lainnya, Juwalita mengatakan bahwa tidak ada bedanya dengan orang dengan kondisi tertentu lainnya. Pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks. Sementara, untuk buah dan sayuran, setiap individu bisa berbeda-beda.

"Tidak semua orang dengan GERD akan mendapatkan diet yang sama," kata Juwalita menjelaskan. Menurutnya, orang-orang dengan masalah lambung harus memiliki daftar makanan karena tidak semua orang memiliki respon sama terhadap satu makanan.

Dalam pengamatannya, beberapa buah dan sayur yang dia temukan kerap membuat seseorang mengalami keluhan pada orang dengan GERD adalah apel, pisang, nanas, tomat, brokoli.

"Tapi itu semua tetap harus diperlakukan secara individual, tidak sama. Kalau tidak bisa, coba ditulis. Jadi jangan sampai orang dengan mag atau GERD bingung mau makan apa," terangnya.

Untuk porsi, kala berbuka puasa, jangan langsung mengonsumsi makan besar. Hidangan besar bisa dikonsumsi di malam hari. Selain itu, jangan lupa makanan ringan untuk selingan selama malam hari.

Selain itu, Juwalita juga mengingatkan pada pemilik masalah lambung untuk berhati-hati ketika mengonsumsi minuman seperti kopi dan teh. Hal ini harus dicermati agar asam lambung tidak mudah naik.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini