BAB berdarah, tanda penyakit kanker usus sudah menyebar?

Selasa, 29 Maret 2016 16:57 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
BAB berdarah, tanda penyakit kanker usus sudah menyebar? Ilustrasi buang air. febrianti

Merdeka.com - Di tengah gaya hidup yang tidak sehat belakangan ini, penyakit kanker menjadi penyakit yang dapat dengan mudah menjangkiti siapa saja dan bagian tubuh mana saja, tak terkecuali dengan ususmu.

Ya, penyakit kanker usus menjadi jenis kanker yang sangat mudah ditemui saat ini. Sayangnya penderita kanker usus tak menyadari adanya penyakit ini di usus mereka sejak awal dan ketika diketahui, penyakitnya sudah menyebar dan semakin menggawat.

Dilansir dari dailymail.co.uk, sebenarnya ada satu cara mudah untuk mendeteksi penyakit ini sejak dini yaitu dengan cara memperhatikan kotoran yang kamu keluarkan. Ash Gupta dari Ramsay Health Care, inggris mengatakan bahwa tekstur abnormal dari kotoran yang keluar seperti berair bisa menjadi tanda awal dari kanker usus. Kemudian ketika kamu menemukan bahwa kotoran yang kamu keluarkan bercampur dengan darah, itu adalah tanda bahwa penyakit kanker semakin menggawat.

"Darah yang keluar dari kotoran adalah akibat dari pendarahan yang terjadi di usus Anda. Penyakit kanker yang sudah menggawat dan menyebar inilah yang membuat adanya inflamasi di dalam ususmu," terangnya.

"Sebenarnya penyakit kanker usus mudah untuk disembuhkan. Asal kamu sudah mendeteksinya sejak awal sehingga penanganan medis bisa segera dilakukan. Oleh karena itu meski terdengar menjijikan, namun kamu juga perlu mengecek kotoran yang kamu keluarkan untuk mengetahui kesehatan pencernaanmu." [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini