Awas, toilet kotor bisa menyebarkan 5 penyakit berbahaya ini

Selasa, 30 Juni 2015 06:11 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Awas, toilet kotor bisa menyebarkan 5 penyakit berbahaya ini Ilustrasi toilet. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/dundanim

Merdeka.com - Saat Anda bepergian dan hasrat untuk buang air begitu besar, maka mau tidak mau Anda pun akan menggunakan toilet umum. Sayangnya, kebersihan toilet umum saat ini masih belum terjamin. Tisu bekas pakai berceceran, dudukan toilet yang kotor, lantai toilet yang basah, dan air yang tidak bersih masih dengan mudah Anda temui di sebagian besar toilet umum di Indonesia.

Padahal dilansir dari boldsky.com, kondisi toilet yang demikian mampu menyebarkan penyakit berbahaya seperti di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Infeksi Streptococcus

Awas, toilet kotor bisa menyebarkan 5 penyakit berbahaya ini. www.boldsky.com

Infeksi Streptococcus akan mudah menjangkiti Anda jika Anda memakai toilet yang kotor. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini adalah radang tenggorokan, demam, dan menyebabkan kulit memerah. Selain itu, infeksi streptococcus juga akan membuat Anda rentan mengalami infeksi saluran kemih.

2 dari 5 halaman

Hepatitis A

Awas, toilet kotor bisa menyebarkan 5 penyakit berbahaya ini. www.boldsky.com

Hepatitis A merupakan penyakit yang paling umum terjadi jika Anda menggunakan toilet yang kotor. Gejala awal dari penyakit ini adalah demam, mual, dan kram perut. Virus Hepatitis A biasanya ditularkan dari kotoran orang yang terinfeksi.

3 dari 5 halaman

Infeksi Staphylococcus

Awas, toilet kotor bisa menyebarkan 5 penyakit berbahaya ini. www.boldsky.com

Infeksi Staphylococcus atau yang biasa disebut dengan infeksi staph adalah infeksi yang menyebabkan sekelompok penyakit seperti demam, sakit kepala, dan rasa mudah lelah. Infeksi staph sangat mudah sekali menyerang bagi mereka yang baru saja menggunakan toilet umum.

4 dari 5 halaman

Pilek dan flu

Awas, toilet kotor bisa menyebarkan 5 penyakit berbahaya ini. www.boldsky.com

Tahukah Anda bahwa pilek dan flu bisa disebabkan karena penggunaan toilet yang kotor? Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan toilet di rumah serta berhati-hati saat menggunakan toilet umum.

5 dari 5 halaman

Infeksi E-coli

Awas, toilet kotor bisa menyebarkan 5 penyakit berbahaya ini. www.boldsky.com

E-coli termasuk bakteri yang dengan mudah ditemukan di toilet kotor. E-coli akan menyebabkan infeksi yang membuat Anda mengalami buang air besar berdarah, kram perut, serta muntah. Selain di dudukan toilet, gagang pintu juga rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri ini.

Jika Anda terpaksa menggunakan toilet umum, Anda bisa meminimalkan penyebaran bakteri dengan selalu membersihkan dudukan toilet dengan tisu basah saat Anda digunakan. Kemudian, selalu cuci tangan setelah buang air besar maupun air kecil. [feb]

Baca juga:
Awas, langsung tidur setelah makan sahur bikin sakit jantung
Blackberry, si hitam yang mampu cerahkan kesehatan tubuh
Ternyata, berkumur dengan minyak kelapa bikin gigi cemerlang!
Sering mual setelah makan sahur? Ternyata ini penyebabnya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini