Awas, polusi udara bikin pria rentan serangan jantung!

Selasa, 1 September 2015 12:16 Reporter : Destriyana
Awas, polusi udara bikin pria rentan serangan jantung! Ilustrasi serangan jantung. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/nokhoog_buchachon

Merdeka.com - Hasil temuan para peneliti yang dipaparkan di European Society for Cardiology Congress di London mengungkapkan bahwa paparan polutan dapat mendongkrak risiko serangan jantung hingga lima persen - efeknya bahkan dapat dirasakan dalam sehari.

Partikel mikroskopis, yang sebagian besar dihasilkan oleh knalpot diesel, telah terbukti dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, pembekuan dan perubahan yang berbahaya dalam pembuluh darah.

Peneliti juga melihat dampak paparan partikel kecil dari debu yang ditemukan pada asap lalu lintas dan emisi industri, yang dikenal sebagai PM 2,5. Untuk setiap kenaikan 10 mikrogram per meter kubik pada paparan PM 2,5, risiko serangan jantung akan naik sebesar 2,8 persen.

Peneliti utama studi ini, Dr Jean-Francois Argacha, ahli jantung di University Hospital Brussels, percaya bahwa polusi udara adalah salah satu penyebab dari kematian dini. Seperti dilansir Daily Mail (28/8), penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa polusi udara dapat meningkatkan tekanan darah, kekakuan arteri, dan kelainan denyut jantung, yang terutama terjadi pada pria. [des]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini