KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Awas, olahraga bisa bahayakan jantung

Kamis, 17 Januari 2013 12:04 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi olahraga. ©Shutterstock.com/Maridav

Merdeka.com - Siapa bilang olahraga selalu berakibat baik untuk tubuh? Olahraga ternyata tak hanya bisa melindungi kebugaran tubuh, namun juga membawa dampak buruk bagi jantung, ungkap peneliti.

Sebuah penelitian menganalisis data dari enam penelitian mengenai olahraga yang mengamati 1.6787 orang yang melakukan olahraga secara teratur untuk menemukan efek olahraga teratur bagi jantung.

Hasilnya cukup mengejutkan dan membingungkan bagi para peneliti. Pasalnya, hampir satu dari sepuluh orang yang ada dalam penelitian menunjukkan efek yang buruk dari olahraga. Beberapa pengaruh melibatkan tekanan darah, tingkat insulin, serta tingkat kolesterol baik (HDL), seperti dilansir oleh Times of India (16/01).

Sementara itu, dua dari faktor risiko tersebut menyebabkan penyakit jantung semakin memburuk sebagai hasil olahraga secara teratur. Meski hanya terjadi pada sebagian kecil orang, saat ini peneliti belum menemukan alasan pasti di balik efek mengejutkan dari olahraga ini.

Berdasarkan keterangan ketua peneliti Claude Bochard dari Louisiana State University, hal ini bisa jadi disebabkan oleh genetik orang tersebut yang kemudian mempengaruhi tekanan darah, tingkat insulin, dan kolesterol baik.

Melakukan olahraga aerobik seperti berlari diketahui mampu menurunkan risiko kerusakan pada sistem kardiovaskular yang dipengaruhi oleh usia. Meski begitu, latihan yang keras dan terus-menerus juga bisa berdampak buruk untuk jantung. [kun]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.