KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Awas, merokok bisa sebabkan katarak!

Selasa, 16 Oktober 2012 13:04 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi merokok. ©wellness.info.ro

Merdeka.com - Merokok tak hanya buruk untuk kesehatan paru-paru dan jantung, tapi juga mata. Sebuah penelitian mengungkap bahwa merokok mampu menyebabkan katarak di usia tua dan berujung pada kebutaan.

"Meski katarak bisa disembuhkan dengan operasi, namun kebanyakan orang tetap buta karena kurangnya perawatan dan biaya operasi yang mahal," jelas peneliti Yuan Ye dari Institute of Ophthalmology di Zheijang University of China.

"Akan lebih baik untuk mengenali faktor risiko katarak dan mencegahnya daripada mengeluarkan uang untuk mengobati dengan melakukan operasi," tambahnya, seperti dilansir oleh Health Me Up (16/10).

Hasil tersebut ditemukan peneliti setelah mengamati 12 kelompok dari data delapan penelitian dari Afrika, Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Utara. Mereka meneliti keterkaitan antara munculnya katarak di usia tua dengan kebiasaan merokok pasien.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa kebiasaan merokok, baik pada mantan perokok atau orang yang masih menjalankan kebiasaan merokok, berkaitan dengan katarak pada usia tua. Risiko semakin tinggi pada perokok yang tidak menghentikan kebiasaanya.

Hasil di atas tentu memberikan alasan kesehatan tambahan bagi Anda semua untuk segera berhenti merokok. [kun]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.