Apakah manusia benar-benar butuh minum air 8 gelas per hari?

Senin, 13 Februari 2017 11:51 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Apakah manusia benar-benar butuh minum air 8 gelas per hari? Ilustrasi minum air. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/BestPhotoStudio

Merdeka.com - Air mineral memegang peranan vital dalam mendukung kesehatan manusia. Fakta pun mengungkapkan bahwa air mendominasi tubuh manusia sebanyak 65%. Tanpa konsumsi air yang cukup maka manusia akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan gangguan kesehatan serius seperti kelelahan, sakit kepala, pusing, nyeri di tubuh, kegagalan fungsi organ, dan bahkan kematian.

Atas dasar itulah maka manusia disarankan untuk minum air minimal 8 gelas per hari. Kemudian muncul pertanyaan, apakah manusia memang perlu konsumsi air sebanyak itu?

Dilansir dari boldsky.com, sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2002 melakukan percobaan yang melibatkan beberapa orang dan membaginya ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk minum 8 gelas air per hari. Sementara kelompok yang lain hanya meminum air ketika mereka merasa haus.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum 8 gelas air per hari dan mereka yang hanya minum air ketika haus sebenarnya tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya tidak ada aturan baku berapa jumlah air yang harus kamu minum per hari," terang penelitian ini.

"Konsumsi air putih sebenarnya didasarkan pada seberapa padat aktivitasmu dalam sehari serta kondisi tubuhmu. Oleh karena itu dengarkan kebutuhan tubuhmu dan jangan sampai terkena dehidrasi yang bisa memancing timbulnya masalah kesehatan lain." [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini