Apakah Aman Meminum Air yang Dibiarkan Selama Semalam?

Minggu, 11 April 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Apakah Aman Meminum Air yang Dibiarkan Selama Semalam? Ilustrasi air putih. Shutterstock/Moravska

Merdeka.com - Sebelum tidur, sebagian dari kita menyiapkan air minum yang diletakkan di dekat kasur untuk mencegah terjadinya haus di malam hari. Namun kadang kita lupa meminum air yang telah kita siapkan semalam dan baru pada esok harinya meminum air tersebut.

Usai meminum air yang dibiarkan semalam tersebut, apakah kamu pernah merasa bahwa terdapat perubahan rasa? Berubahnya rasa pada air tersebut ternyata disebabkan oleh karbon dioksida.

Dilansir dari Times of India, ketika air dibiarkan terbuka selama sekitar 12 jam, karbon dioksida di udara mulai bercampur dengan air. Hal ini menyebabkan tingkat pH di air dan mengubah rasanya.

Namun walau terjadi perubahan rasa, air ini masih cukup aman dikonsumsi. Para ahli bahkan menyebut bahwa air putih aman dikonsumsi hingga enam bulan ke depan. Setelah jangka waktu ini, bakteri dan jamur baru mulai tumbuh di jamur. Tumbuhnya jamur ini bahkan bisa lebih cepat ketika air di simpan di tempat yang hangat.

salah satu hal yang jadi penentu mengenai amankah air tersebut dikonsumsi setelah sejumlah waktu adalah pada wadahnya. Tempat penyimpanan ini sangat berperan untuk menentukan apakah air tersebut masih layak diminum atau tidak.

Baca Selanjutnya: Wadah Penyimpanan Air...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini