Apa yang terjadi di tubuh saat kamu hanya minum segelas air sehari?

Senin, 4 April 2016 11:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Apa yang terjadi di tubuh saat kamu hanya minum segelas air sehari? Ilustrasi minum air putih. Shutterstock/kazoka

Merdeka.com - Bagi mereka yang sudah merasa depresi dengan berat badan yang tak kunjung turun, cenderung akan menghalalkan segala cara untuk bisa kurus. Bisa dengan membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi dan bahkan memotong kebutuhan cairan harian tubuh. Termasuk juga membatasi jumlah air yang kamu konsumsi. Sebab kamu berpikir bahwa air akan membuat perut jadi buncit. Akibatnya kamu cenderung hanya minum segelas air per hari.

Selain kehausan, sebenarnya apa sih yang terjadi dalam tubuhmu ketika kamu hanya minum segelas air sehari atau bahkan kurang? Berikut adalah jawabannya.

  • Tak hanya kekurangan nutrisi saja yang bisa membuat tubuh jadi lemas. Kurang minum pun akan memberikan efek yang sama pada tubuhmu. Cadangan energi dalam tubuhmu akan terkuras, kamu jadi lesu, dan bisa jadi kamu akan mudah pingsan.
  • Merasa pusing dan gangguan sakit kepala lainnya juga merupakan efek yang buruk saat kamu kurang minum. Hal ini disebabkan karena otak tak mendapatkan suntikan cairan untuk berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Irama jantung akan menjadi abnormal dan menimbulkan komplikasi berbahaya saat kamu kurang minum.
  • Kurang minum mampu membuat sistem kekebalan tubuhmu menurun. Hasilnya, kamu akan rentan terkena serangan penyakit.
  • Selain sistem kekebalan tubuh yang menurun, ketahanan hati dan ginjal akan melemah.
  • Seperti tubuh yang tidak mendapatkan asupan protein secara cukup untuk mempertahankan massa otot, maka hal yang sama akan terjadi di seluruh anggota tubuhmu lainnya saat kamu kurang minum.
  • Terakhir, ketika kamu kurang minum, ancaman kematian mendadak akan muncul akibat gagalnya beberapa organ untuk berfungsi dengan baik.
[feb]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini