Apa Sih Sebenarnya Fungsi Rambut di Ketiak Kita?

Rabu, 3 November 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Apa Sih Sebenarnya Fungsi Rambut di Ketiak Kita? Ilustrasi ketiak. ©Shutterstock/Aslysun

Merdeka.com - Setiap bagian di tubuh kita dipenuhi dan ditumbuhi rambut yang terkadang bisa sangat jelas seperti di kepala atau cukup samar seperti pada bagian tubuh lain. Salah satu bagian tubuh dengan rambut tubuh yang cukup menonjol adalah pada ketiak.

Bulu pada bagian ketiak ini biasanya mulai muncul pada usia 10-14 tahun pada saat seorang sedang mengalami pubertas. Pada kondisi ini, kelenjar bakal memicu sejumlah hormon androgen pada ovarium dan testikel.

Aktifnya hormon androgen ini menyebabkan kelenjar keringat apokrin mulai berfungsi. Kelenjar keringat apokrin sendiri berhubungan dengan folikel rambut pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Sensitifitas terhadap tingkat androgen ini juga mempengaruhi perkembangan rambut di dalam tubuh. Semakin banyak androgen yang diproduksi, semakin banyak tumbuhnya rambut terutama pada bagian kaki, lengan, dada, dan perut.

Selama ini, pada bagian-bagian rambut tersebut terutama pada ketiak, kita tidak mengetahui fungsinya. Namun, sejumlah rambut di ketiak ini ternyata juga memiliki manfaat. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah fungsi dan manfaat rambut pada ketika manusia.

2 dari 3 halaman

Fungsi Rambut Ketiak

Mengeluarkan Feromon

Memiliki rambut ketiak bisa membantumu dalam menarik perhatian lawan jenis. Pasalnya, ketiak melepaskan bau badan yang mengandung feromon, senyawa alami tubuh yang bisa menarik perhatian lawan jenis. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menemukan bahwa aroma tubuh pria yang memiliki bulu ketiak bisa lebih menggoda lawan jenis.

Menghindari Munculnya Gesekan

Keberadaan rambut pada ketiak bisa menghindari gesekan antar kulit yang muncul ketika beraktivitas seperti berjalan atau berlari. Rambut di ketiak menjadi bantalan yang mencegah terjadinya lecet akibat gesekan antara kulit.

Mencegah Masalah Kesehatan Tertentu

Membiarkan rambut ketiak begitu saja juga bisa mencegah munculnya masalah akibat bercukur. Masalah ini termasuk rambut yang tumbuh ke dalam, rasa panas akibat bercukur, benjolan, kutil, serta iritasi kulit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Mencukur Rambut Ketiak

Berkurangnya Keringat

Munculnya keringat berlebih serta adanya noda keringat di pakaian terutama di bagian ketiak, bisa dihindari dengan sering bercukur. Hal ini bisa terjadi karena ketiak cenderung lembap terutama ketika memiliki rambut.

Berkurangnya Bau Badan

Keringat pada bagian ketiak memiliki hubungan langsung dengan munculnya bau badan. Menghilangkan rambut ketiak bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau badan yang sangat mengganggu ini. [RWP]

Baca juga:
Rasa Umami pada Makanan Bantu Tingkatkan Nafsu Makan Lansia
Hal yang Perlu Diperhatikan Penderita Masalah Asam Lambung dalam Memilih Vitamin C
Kasus Kanker yang Pertama Tercatat dan Penyebabnya di Masa Lalu
Mengendalikan Stres Bisa Menjadi Cara Pencegahan Kanker Payudara
Kerap Dikesampingkan, Rasa Nyeri pada Lansia Tak Berhubungan dengan Proses Penuaan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini