Anak yang Bermain Musik Cenderung Memiliki Ingatan yang Lebih Baik

Rabu, 14 Oktober 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Anak yang Bermain Musik Cenderung Memiliki Ingatan yang Lebih Baik Ilustrasi anak bermain musik. ©Shutterstock.com/Irina Schmidt

Merdeka.com - Bermain musik merupakan sebuah hal yang tidak mudah dilakukan oleh semua anak. Namun beberapa anak memang sudah tampak memiliki bakat musik atau diajarkan karena orangtua mereka yang ingin buah hati mereka bisa bermain musik.

Terdapat sejumlah dampak yang bisa diperoleh seorang anak ketika dia bermain musik. Dilansir dari Medical Daily, hasil penelitian terbaru mengungkap bahwa musik bisa meningkatkan perhatian seorang anak serta ingatan yang dimilikinya.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada jurnal Frontiers in Neuroscience. Penelitian dilakukan terhadap 40 anak-anak yang setengah di antaranya bisa bermain alat musik.

Para partisipan ini setidaknya telah belajar musik selama dua tahun, berlatih setidaknya dua minggu setiap minggu, serta bermain di band atau orkestra. Sedangkan setengah partisipan yang merupakan kelompok kontrol, tidak berlatih atau diajari musik di luar pelajaran kelas.

Menggunakan perangkat khusus, peneliti mempelajari aliran darah ke otak melalui citraan. Hal ini dilakukan bersamaan ketika anak-anak melakukan tes yang mengukur ingatan mereka dan waktu reaksi.

2 dari 2 halaman

Ingatan Lebih Baik pada Anak yang Bermain Musik

Diketahui bahwa tidak ada perbedaan antara kedua kelompok ini terkait waktu reaksi. Namun diketahui bahwa mereka yang mempelajari musik lebih baik pada memori.

"Temuan paling penting kami adalah terdapat dua mekanisme berbeda membuat anak-anak yang belajar musik bisa lebih baik pada perhatian dan penugasan (memori kerja)," terang peneliti Leonie Kausel, PhD.

"Satu hal mendukung mekanisme perhatian di bidang yang lebih umum dan sisanya mendukung mekanisme yang lebih spesifik pada bidang pendengaran," sambungnya.

Peneliti masih akan melanjutkan penelitian mengenai bagaimana dampak musik pada anak-anak. Hal ini dilakukan untuk melihat hubungan serta apakah musik bisa membantu anak-anak yang mengalami ADHD. [RWP]

Baca juga:
Orang Tua di Masa Kini Ternyata Lebih Sehat Dibanding saat 30 Tahun Lalu
Manusia Bisa Lebih Ingat Tempat Menyimpan Makanan Tinggi Kalori Daripada Makanan Lain
Konsumsi Makanan Tinggi Gula pada Ibu Menyusui Bisa Pengaruhi Perkembangan Bayi
Konsumsi Kopi Hitam Sebelum Sarapan Bisa Tingkatkan Gula Darah Secara Drastis
Pertambahan Berat Badan saat Kehamilan Bisa Tingkatkan Risiko Alergi pada Anak
Menyusui Bisa Jadi Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan pada Ibu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini