Anak kecil ternyata juga bisa terkena apnea tidur!

Senin, 28 Oktober 2013 20:06 Reporter : Rizqi Adnamazida
Anak kecil ternyata juga bisa terkena apnea tidur! Ilustrasi anak tidur. ©shutterstock.com/maska

Merdeka.com - Bukan cuma orang dewasa yang bisa menderita gejala apnea tidur, ternyata anak kecil juga. Lantas apa yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi masalah tersebut? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari FoxNews berikut ini.

Apa itu apnea tidur?

Apnea tidur bisa diartikan sebagai gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur. Penderita apnea tidur mengalami kondisi berhenti bernapas selama beberapa detik. Biasanya ukuran amandel yang besar dan obesitas menjadi beberapa faktor risiko apnea tidur pada anak.

Kenali gejalanya

Orang tua perlu memerhatikan apakah anak kerap mendengkur ketika tidur atau mengalami kesulitan bernapas. Anak yang terkena apnea tidur juga biasanya sering terbangun di tengah malam, sakit kepala setelah bangun, dan kerap mengantuk di siang hari. Jika anak terkena apnea tidur, mereka juga akan mengalami kesulitan belajar, berisiko tekanan darah tinggi, dan masalah jantung.

Solusi

Setelah memastikan bahwa anak memang terkena apnea tidur, orang tua harus segera menghubungi dokter THT. Sebab apnea tidur biasanya dipicu dari masalah di sekitar tenggorokan dan hidung. Salah satu solusi apnea tidur pada anak adalah operasi amandel atau obat-obatan sesuai dengan diagnosis dokter.

Itulah informasi tentang gejala apnea tidur pada anak. Jangan biarkan apnea tidur membuat anak berisiko mengalami gangguan kesehatan lain yang lebih serius.

Baca juga:

Jangan mengonsumsi 4 makanan ini setiap hari

7 Tips menjaga kesehatan fisik dan mental saat menstruasi

Redakan stres hanya dalam waktu 15 menit

5 Tips hemat berbelanja makanan sehat

8 Cara menjaga keseimbangan hormon [riz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini