Alasan berat badan tak susut meski sering olahraga

Rabu, 9 Agustus 2017 15:52 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi wanita gemuk olahraga. Mirror

Merdeka.com - Kamu pun pasti tahu bahwa salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan serta rajin berolahraga. Namun walaupun kamu sudah berolahraga 6 kali dalam seminggu tanpa jeda, perut tetap membuncit dan berat badan tak kunjung turun.

Kira-kira apa yang jadi penyebabnya? Dilansir dari boldsky.com, inilah penjelasannya.

Tetap konsumsi junk food
Apakah kamu tetap mengonsumsi junk food akhir-akhir ini? Jika ya, maka sudah jelas bahwa makanan tersebutlah yang jadi penyebab kenapa berat badanmu tak kunjung turun. Sebabnya tak peduli seberapa sering kamu berolahraga, konsumsi junk food yang tinggi minyak, lemak, gula, dan garam ini bisa menggemukkan tubuhmu.

Kurang tidur
Tidur dengan kualitas yang baik adalah salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu selalu sediakan waktu 7-8 jam per hari untuk tidur. Kurang tidur akan menempatkanmu pada risiko 89% lebih tinggi untuk mengalami obesitas.

Terlalu sering olahraga
Berolahraga membuat sistem metabolisme tubuh meningkat. Nah, jika kamu sering berolahraga tak terkendali maka risikonya nafsu makanmu jadi meningkat dan akhirnya tubuh jadi tetap gemuk.

Stres
Stres yang menekan membuat tubuh meningkatkan produksi hormon kortisol. Dan produksi hormon ini dalam jangka waktu yang lama akan cenderung membuat lemak jadi sulit untuk diurai. Alhasil, berat badan pun tetap tidak mau turun.

Maka, kamu sering bertanya-tanya apa yang jadi sebab saat berat badanmu tak kunjung turun walaupun kamu sudah sering berolahraga? Well, bisa jadi salah satu faktor di atas jadi alasannya. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.