Aktivitas Fisik Bisa Membantu Turunkan Risiko Patah Tulang Panggul pada Wanita Lansia

Kamis, 5 Desember 2019 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Aktivitas Fisik Bisa Membantu Turunkan Risiko Patah Tulang Panggul pada Wanita Lansia Ilustrasi wanita tua. ©shutterstock.com/OtnaYdur

Merdeka.com - Memastikan tubuh terus bergerak melalui aktivitas fisik merupakan cara tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun rupanya, dampak yang diberikan dari aktivitas fisik ini pada wanita lanjut usia ternyata lebih dari itu.

Aktivitas fisik selama ini diketahui mampu membuat orang lanjut usia tetap tajam dan terhindar dari sejumlah penurunan fungsi otak. Dilansir dari The Health Site, penelitian terbaru mengungkap bahwa hal ini ternyata juga bisa mengurangi risiko patah tulang panggul dan bagian lain pada wanita lanjut usia.

Penelitian ini mempelajari evaluasi komprehensif dari aktivitas fisik dan patah tulang yang terjadi pada wanita usai menopause. Peneliti melakukan penelitian terhadap lebih dari 77 ribu partisipan selama 14 tahun.

Selama 14 tahun penelitian tersebut, 33 partisipan diketahui mengalami setidaknya satu patah tulang. Risiko tersebut diketahui berhubungan juga dengan aktivitas fisik yang terjadi.

Wanita yang memiliki tingkat aktivitas fisik sangat tinggi dihitung setidaknya 35 menit lebih melakuakn kegiatan rekreasional harian dan pekerjaan rumah tangga. Mereka diketahui memiliki risiko patah tulang panggul 18 persen lebih rendah dan patah tulang secara keseluruhan 6 persen lebih rendah.

Baca Selanjutnya: Menurunnya Aktivitas Fisik Berhubungan dengan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini