Akar manis memperlambat penyebaran sel kanker kulit ganas

Jumat, 11 Oktober 2013 13:28 Reporter : Rizqi Adnamazida
Akar manis memperlambat penyebaran sel kanker kulit ganas Ilustrasi akar manis. ©Shutterstock/Foong Kok Leong

Merdeka.com - Sebuah penelitian menemukan kalau tanaman akar manis bisa dimanfaatkan untuk memperlambat penyebaran sel kanker kulit ganas.

Penelitian dari Amerika tersebut tepatnya menganalisis akar manis dan berencana untuk mengolahnya menjadi obat kanker kulit jenis melanoma.

Sebelumnya, berbagai penelitian juga menyebutkan kalau akar manis punya senyawa bernama glycyrrhizin yang bersifat anti kanker. Namun ternyata obat dengan bahan senyawa tersebut jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa memicu tekanan darah tinggi dan pembengkakan pada otak.

"Kami menemukan senyawa lain - bernama Isoangustone A - dalam akar manis yang juga ampuh melawan kanker tanpa efek samping berbahaya," papar peneliti dari University of Minnesota.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, melanoma sendiri adalah jenis kanker kulit yang jarang ditemukan namun bersifat mematikan.

Salah satu faktor yang meningkatkan risiko kanker kulit melanoma adalah paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit terbakar. Hal itu akhirnya memengaruhi sel-sel dalam tubuh yang akhirnya memicu kanker.

Sementara itu, akar manis merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai obat demam, produk permen, dan minuman root beer.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam Cancer Prevention Research.

Baca juga:
Tingkatkan pengetahuan kanker melalui Cancer Awareness Day
Bongkar fakta di balik 7 mitos kanker serviks
5 Cara mudah mencegah kanker serviks
Tes dan diagnosis untuk kanker serviks
Gejala kanker serviks yang patut diwaspadai [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kanker Kulit
  3. Obat Kanker
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini