KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Aduh, makan nasi bisa sebabkan kanker!

Senin, 27 Juli 2015 11:11 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi nasi. Shutterstock/gori910

Merdeka.com - Nasi adalah makanan pokok utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan orang Indonesia sering merasa tidak afdol jika tidak makan nasi seharian saja.

Makan nasi memang mengenyangkan dan menyenangkan. Namun sudah banyak penelitian kesehatan yang menyarankan agar Anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi nasi. Sebab nasi mengandung zat gula tersembunyi di dalamnya yang dapat membuat Anda mengalami diabetes atau kegemukan.

Selain bahaya tersebut, baru-baru ini sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk mengungkapkan bahwa makan nasi bisa sebabkan kanker. Terdengar mengerikan bukan?

Penelitian yang dilakukan di Queens University, Belfast ini menemukan jejak arsenik dalam proses penanaman padi. Arsenik ini sendiri terkandung dalam pestisida yang banyak digunakan untuk membasmi hama.

"Level dari kontaminasi arsenik dalam beras yang dijual di Inggris telah berada pada level yang membahayakan. Kontaminasi zat ini secara berlebihan mampu sebabkan bermacam bahaya kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan terutama kanker prostat dan kanker paru-paru," jelas Andy Meharg, peneliti dari The European Commission.

Agar Anda terhindar dari kontaminasi zat ini, Profesor Meharg pun menyarankan agar Anda membersihkan beras dengan lebih seksama dan kemudian mengolahnya dengan cara tradisional daripada menggunakan rice cooker sebab air panas yang merendam beras akan menghilangkan residu dari arsenik. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.