Adakah Bahaya yang Mungkin Muncul dari Konsumsi Makanan Sedikit Gosong?

Kamis, 1 Desember 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Adakah Bahaya yang Mungkin Muncul dari Konsumsi Makanan Sedikit Gosong? Ilustrasi ikan bakar. ©Shutterstock

Merdeka.com - Ketika makanan digoreng atau dibakar secara berlebih, biasanya akan timbul rasa dan bentuk gosong dari makanan tersebut. Walau menimbulkan rasa pahit, namun ketika tidak terlalu gosong, makanan juga bisa menimbulkan rasa smoky yang dianggap enak oleh beberapa orang.

Pada sate atau ikan yang dibakar, pada beberapa bagian juga biasanya terdapat bagian yang sedikit gosong. Adanya bagian yang gosong ini kerap menimbulkan rasa garing yang menambah rasa dan tekstur makanan.

Walau begitu, makanan dalam kondisi gosong ini ternyata sebaiknya memang tidak dikonsumsi. Bukan hanya karena rasa hangus yang mungkin, namun makanan ini juga bisa menimbulkan sejumlah dampak bagi tubuh.

Telah lama diketahui bahwa konsumsi makanan gosong bisa menjadi penyebab terjadinya kanker dalam jangka panjang. Walau begitu, dilansir dari the List, hal ini bisa sangat tergantung dari makanan apa yang berada dalam kondisi gosong tersebut.

2 dari 3 halaman

Tergantung Bahan Makanan

Roti, kentang, serta makanan berbahan tepung lain ketika dikonsumsi dalam waktu lama bisa menimbulkan terbentuknya acrylamide yang potensial menjadi karsinogen di tubuh manusia. Kandungan ini tidak akan muncul pada daging dan ikan yang gosong.

Walau begitu, daging tinggi kandungan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) dan heterocyclic amines (HCAs) di dalamnya. Kandungan tersebut berhubungan dengan munculnya kanker di diri seseorang.

"Namun penelitian menyarankan bahwa karsinogen potensial ini bukan menjadi penyebab sejumlah jenis umum kanker," demikian dijelaskan oleh Dana-Farber Cancer Institute.

Sebagai contoh, acrylamide, mungkin meningkatkan risiko kanker ginjal, ovarium, dan endometrial. Sayangnya hasil penelitian yang mengungkap hal ini biasanya dilakukan dengan partisipan dalam jumlah kecil dan hasilnya inkonsisten.

Peneliti mengungkap bahwa kandungan acrylamide dalam jumlah besar bisa menjadi penyebab kanker. Namun untungnya sebagian besar makanan hanya memiliki kandungan ini dalam jumlah kecil.

3 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Menurunkan Risiko Masalah yang Mungkin Muncul

Konsumsi makanan gosong ini dalam jumlah kecil tidak akan menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan. Terutama ketika kamu jarang-jarang mengonsumsinya.

Pada kentang, dibanding menggorengnya, pilihan terbaik adalah merebus atau dimasukkan microwave dengan kulit yang masih menempel. Pilihan lain adalah dengan memotong kentang dan merendam di air dulu selama 15 menit sebelum digoreng atau dipanggang.

Pada ikan dan daging, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi bagian yang gosong ini. Disarankan untuk menghilangkannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Kita Menyukai dan Ketagihan Makanan Manis
Pola Makan Sehat Perlu Diperhatikan untuk Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan
Kenalkan Variasi Makanan Anak Sejak Dini demi Kesehatan di Masa Mendatang
Orangtua Perlu Tahu! Begini Cara Anasi Anak Tak Suka Sayur

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kanker
  4. Penyebab Kanker
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini