9 Manfaat nanas yang terlupakan

Minggu, 6 Oktober 2013 09:05 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi nanas. ©Shutterstock/Viktar Malyshchyts

Merdeka.com - Selama ini nanas mungkin menjadi buah yang kurang populer untuk sebagai pilihan buah-buahan yang dikonsumsi. Kebanyakan nanas diolah menjadi selai. Padahal seperti yang dikatakan fitnea.com, nanas mempunyai 9 manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan.

Berikut adalah 9 manfaat penting nanas

Nanas efektif menunda lapar
Selain kaya akan vitamin dan mineral, nanas mengandung beberapa mikronutrien dan serat yang mampu menunda rasa lapar bagi orang yang sedang menjalani program diet.

Nanas mencegah kembung
Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

Nanas mampu menghilangkan lemak
Panas tubuh yang Anda alami setelah mengonsumsi nanas mampu membakar lemak dalam tubuh sehingga lemak pun menjadi luruh.

Nanas mampu mencegah kanker
Nanas mengandung zat karsinogenik yang ampuh untuk melawan resiko kanker. zat ini melindungi sel sehat dari kerusakan dan dapat menyembuhkan sel-sel yang mudah rusak. Sel-sel rusak yang berlimpah dapat menyebabkan penuaan dini dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Nanas membantu kesehatan tulang
Mineral yang terkandung dalam nanas membantu mengembangkan tulang dan jaringan ikat menjadi kuat.

Nanas mencegah penggumpalan darah
Buah tropis ini selain dapat mencegah penggumpalan darah dan membantu produksi hemoglobin dalam tubuh. Selain itu nanas mengandung zat tembaga. Apabila tubuh kekurangan zat tembaga, maka menyebabkan osteoporosis, anemia, masalah tiroid, dan penurunan jumlah sel darah putih.

Nanas memperkuat gusi
Selain memperkuat tulang, mineral yang ada di dalam nanas dapat memperkuat gusi dan menjaga gigi Anda tetap sehat dan kuat.

Nanas memperbaiki penglihatan
Selain wortel, nanas juga mengandung betakaroten yang baik untuk meningkatkan kualitas penglihatan.

Jadi selain mengonsumsi nanas dalam bentuk selai, ada baiknya Anda juga mengonsumsi nanas yang masih segar karena berbagai macam vitamin dan mineralnya belum hilang akibat proses pemasakan.

[feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini